Komunikasi visual adalah komunikasi yang menggunakan bahasa visual, dimana unsur dasar bahasa visual sebagai kekuatan utama untuk menyampaikan informasi, segala sesuatu yang dapat dilihat dan dapat digunakan untuk menyampaikan makna atau informasi. Desain komunikasi visual merupakan mata pelajaran yang mengkaji dan mempelajari desain dengan berbagai metode dan pertimbangan, keduanya berkaitan dengan komunikasi, media, gambar, logo, dan nilai.
Logo merupakan salah satu desain komunikasi visual. Suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan cara yang seefektif mungkin. Arti lain dari desain komunikasi visual adalah seni terapan, yang menggunakan ekspresi kreatif, komunikatif, dan informatif, menggunakan elemen desain grafis berupa bentuk, gambar, huruf, warna, dan tata letak untuk berkomunikasi dalam bahasa yang meyakinkan secara visual. Sehingga informasi atau informasi yang akan dikomunikasikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat yang ada. Suatu sistem identitas perusahaan digunakan untuk mengkomunikasikan keberadaan sebuah perusahaan. Identitas perusahaan bukan hanya sekedar identitas synopsis belaka, melainkan identitas ini bisa di aplikasikan menjadi identitas visual, bisa untuk inventaris perusahaan untuk materi promosi.
Dalam dunia marketing identitas logo brand ini dapat membuat daya tarik tersendiri bagi suatu perusahaan. Fungsi identitas efek visualnya adalah mengubah identitas ini menjadi bentuk grafis, sehingga semua orang melihatnya dengan jelas akan memahami mengenai identitas perusahaan melalui logo. Di era modern ini, Â identitas visual mulai berkembang, dan banyak perusahaan menghasilkan jenis barang yang sama, maka diperlukan identitas untuk membedakannya produksi perusahaan A dan perusahaan B. Dari sini kita tahu apa yang disebut logo, merek perdagangan atau merek yang digunakan untuk memasarkan barang-barang tersebut.
Dalam penerapan komunikasi visual ke sebuah identitas logo juga harus mengetahui kesan yang ingin disampaikan oleh perusaahan tersebut dan mengimplementasikannya ke dalam identitas visual yang diciptakan. Â Selain itu juga, penerapan komunikasi visual sebagai alat yang memvisualisaikan citra perusahaan dalam satu kesatuan yang utuh. Sistem identitas ini juga memiliki fungsi untuk mengecek dan mengukur keaslian sebuah identitas untuk menghindari andanya pembajakan. Oleh karena itu penulis tertarik ingin membahas logo brand perusahan McDonald's yang terkait dengan identitas visual.
      McDonald's merupakan restoran fast food terbesar di dunia yang diawali pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat. Dengan produk unggulan berupa Burgernya, McDonald's hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar lebih dari 100 negara, salah satunya yaitu Indonesia. McDonald's pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin. PT.
Pada tahun 2009 Rekso Nasional Food (RNF) merupakan salah satu anak perusahaan dari Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) ia memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. Hingga saat ini PT.RNF telah membuka sekiranya lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota di Indonesia yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. PT. RNF melalui McDonald's Indonesia selalu ingin berkomitmen penuh menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. McDonald's membuat logo dengan hasil yang simple dan mudah diingat. Memang hanya sebuah huruf M dengan perpaduan warna kuning dan merah, tetapi dibalik itu ada sisi psikologisnya yang berkaitan dengan warna logo McDonald's.
Warna merah memiliki sifat merangsang, meningkatkan denyut jantung yang akan meningkatkan nafsu makan. Sedangkan warna kuning, berhubungan dengan rasa bahagia dan warn kuning ini jika dilihat pada siang hari ataupun malam hari akan mencolok sekali, ini membuat mata tertuju pada logo McDonald's yang mana orang jadi gampang mengingatnya. Â Perpaduan warna merah dan kuning ini sangat pas, McDonald's berhasil membuat logo dengan maksud kalau and melihat logo tersebut akan membuat perut anda terasa lapar serta mendorong anda untuk membeli produk yang mereka jual sekaligus membuat anda merasa bahagia karena hasil dari produknya bisa membuat kenyang dan tidak lapar lagi. Filosofi warna dalam logo McDonald's ini merubah cara pandang orang mengenai logo.
Dari sini kita tau bahwa mengetahui bahwa peranan komunikasi visual pada logo McDonald's adalah sebagai alat mengkomunikasikan perusahaan kepada target pasarnya. Logo juga membuat sugesti dan ketertarikan bagi target konsumennya, yang nantinya akan timbul minat konsumen untuk membeli produk McDonald's. Peranan komunikasi visual pada suatu logo ini juga penting bagi McDonald's karena ia ingin membuat suatu produk yang singgah di hati konsumennya dan juga diingat terus oleh konsumennya melalui peranan logo tersebut.
Sumber :
Luzar, L. C., & Monica, M. (2013). Peranan Komunikasi Visual bagi Identitas Perusahaan. Humaniora, 4(1), 528-538.
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191-202.