ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN KOPERASI KARYAWAN ( KOPKAR ) UNTAG SBY.
Oleh :
Mochammad Singgih1), Joko Priyono2)
Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya1)
Fakultas Ekonomi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya2)
Pendahuluan.
Pada Era globalisasi sekarang ini perkembangan dunia bisnis yang semakin competitive dan masif menyebabkan suatu perusahaan diharuskan melakukan perbaikan di segala bidang agar tetap menjadi pelaku pasar dalam jangka panjang dengan produk yang berdaya saing tinggi.Â
Kondisi ini sangat mengharuskan manajemen agar dapat meningkatkan strategi agar mampu bertahan dan berkembang dalam persaingan.Â
Peran strategis yang dimainkan para pelaku ekonomi baik BUMN, swasta maupun koperasi menuntut adanya penyusunan kebijakan dalam pengembangan strategi agar tetap menjadi pelaku pasar dalam jangka panjang sehingga lebih optimal dalam pembangunan nasional. Semua dituntut memiliki daya saing secara internal, regional, nasional maupun internasional.
Koperasi sebagai badan usaha yang diandalkan harus dikelola dengan baik seperti bentuk usaha yang lain. Disamping itu, sebagai organisasi ekonomi, koperasi juga harus mengikuti hukum-hukum ekonomi yang rasional serta norma- norma dan kebiasaan- kebiasaan yang lazim berlaku dalam dunia usaha. Dengan cara ini kepentingan anggota akan terlindungi serta dapat mengatasi berbagai kendala. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Koperasi yang dipandang sebagai soko guru perekonomian diharapkan tetap mampu bertahan ditengah perkembangan jaman yang erat dengan persaingan bisnis.Â