Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Guru - Menerobos Masa Depan

Kepala SMP Negeri 52 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

2024 Ingin Memperdalam Ilmu Fotografi

1 Januari 2024   14:35 Diperbarui: 1 Januari 2024   14:39 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setahun berlalu sepertinya hanya begitu saja.  Saya merasa capaian tahun 2023 sangat terlalu umum. Sehingga jatuhnya tidak jelas sama sekali. 

Perlu ada perubahan. 

Tahun 2024 saya mencoba untuk memilih satu fokus saja yang ingin dikejar atau dikuasai. Selama ini, saya menggemari fotografi.  Kenapa tidak, untuk tahun 2024 lebih fokus untuk memperdalam ilmu fotografi?

Jika selama ini, fotografi hanya sebagai kegiatan kilasan, maka ke depan harus lebih menukik ke dalam. Artinya,  ilmu fotografi diikuti Jika ingat belaka selama ini. Kalau inget fotografi,  barulah belajar selama satu dua hari. Kalau tak ingat, berbulan bulan ditinggalkan. 

Selama ini, belajar fotografi juga hanya dari youtube para pakar fotografi seperti  Darwis Triadi,  Enche Tjin,  Martha Suherman, Kelas Pagi,  dan yotube yang berbicara tentang fotografi dari Oscar Matulah,  Arbain Rambai,  bahkan dari para Fotografer pernikahan. 

Ke depan,  di tahun 2024, saya akan mencoba ikuti sekolah atau kursus fotografi.  Yang sudah saya lihat,  ada sekolah fotografi dari Darwis Triadi dan kursus fotografi dari Enche Tjin.  

Semoga bukan sekadar resolusi awal tahun. Doakan semua itu bisa terlaksana.  Semangaaaaaaaaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun