Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Guru - Menerobos Masa Depan

Kepala SMP Negeri 52 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 52 Jakarta

2 Juni 2023   10:42 Diperbarui: 2 Juni 2023   10:43 600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setiap tahun, minimal 3 kali melaksanakan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di setiap sekolah.  Kebetulan pada akhir bulan Mei ini dilaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang ketiga di SMPN 52 Jakarta. Dua projek sudah dilaksanakan di semester 1.

Tema yang diangkat pada projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kali ini adalah kearifan lokal.  Dan kegiatan yang dilaksanakan adalah Hajatan Betawi.

Penduduk DKI jelas sudah bercampur. Hampir semua suku ada di Jakarta. Keragaman suku bangsa ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan daerah lain.

Akan tetapi, budaya Betawi jelas merupakan budaya asli penduduk Jakarta yang harus diperkenalkan pada generasi muda. Meskipun mereka bukan berasal dari keturunan Betawi atau keturunan Betawi tapi sudah ada campuran nya.

Antusias siswa sangat terlihat sekali. Selama dua minggu projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini digarap. Mulai dari tahap pengenalan, tahap aktualisasi, tahap,aksi, hingga tahap refleksi serta tindak lanjut.

Pada hari Rabu, 31 Mei 2023 menjadi ajang selebrasi. Sebagai puncak kegiatan Proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dalam sambutannya, Kepala SMPN 52 Jakarta, menyatakan bahwa dalam IKM (implementasi kurikulum Merdeka) ada tiga pengembangan yang harus sejalan. Pertama, pengembangan pengetahuan dan keterampilan. Harus ada tes diagnostik sebagai kegiatan awal pengembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran terdiferensiasi dalam proses. Dan perefleksian pada setiap akhir pembelajaran.

Kedua, pengembangan lingkungan belajar.  Sekolah harus menghilangkan sama sekali perundungan dari lingkungan sekolah. Sekolah harus mengembangkan sikap toleran pada setiap siswanya. Sekolah juga harus menjaga jangan sampai ada kekerasan seksual di lingkungan sekolah.

Ketiga, pengembangan karakter melalui projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Karakter yang dikembangkan meliputi ketakwaan dan akhlak mulia, gotong royong, mandiri, kebinekaan global, penalaran kritis, dan kreatif.

Melalui kegiatan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diakhiri dengan selebrasi tersebut, diharapkan keenam karakter tersebut dapat dihayati oleh peserta didik dalam kehidupan keseharian mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun