Mohon tunggu...
Mochamad KikiRizki
Mochamad KikiRizki Mohon Tunggu... Editor - Pejuang S2

Seorang Mahasiswa UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Cirendang, Kuningan Jawa Barat

6 Agustus 2021   21:07 Diperbarui: 6 Agustus 2021   21:23 4903
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Literasi  numerasi  dalam  pembelajaran  tematik  siswa  kelas  atas  sekolah  dasar  dapat  dilakukan dengan   pemberian   stimulus   pada siswa.   Karakteristik  siswa   kelas   atas   perlu   seorang   guru smengarahkan   pada   pembelajaran   yang  tidak   monoton.   

Stimulus   yang   dipilih   hendaknya kontekstual,  menarik,  dan sebaiknya  bersifat  kekinian  sehingga  merangsang  rasa  ingin tahu  siswa. Selain  itu,  juga  adanya  ketersediaan  sarana  dan  prasarana,  kapasitas  warga  sekolah,  dan  kapasitas pemangku  kepentingan.  

Demikian  pula  dapat  diupayakan melalui program  literasi  numerasi  2  kali dalam  setiap minggu  sebelum  jam pembelajaran  berlangsung,  diadakan pelatihan  guru  matematika dan  nonmatematika,  diadakan  pembelajaran  matematika  berbasis permasalahan dan  pembelajaran matematika berbasis proyek, diadakan pembelajaran nonmatematika yang melibatkan unsur literasi numerasi,  dan  menumbuhkan kecintaan  membaca  kepada  peserta  didik  dan  pengalaman  belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi.

Kemampuan numerasi anak akan memengaruhi learning trajectorynya. Berdasarkan analisis learning trajectory, dapat disimpulkan bahwa literasi numerasi siswa kelas 4 dalam pemecahan masalah tidak terstruktur pada materi bilangan yaitu: siswa mampu memecahkan masalah tidak  terstruktur dalam  konteks  kehidupan  sehari-hari;  siswa mampu menganalisis informasiyang  diperoleh  dari  soal  kemudian  menggunakan  interpretasi  analisis  untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan. 

Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah  tidak terstruktur  dalam  materi  bilangan yaitu:  kesulitan memahami soal  dari  segi kemampuan  membaca  pemahaman  dan  kalimat matematika;  kurangnya pemahaman  siswa pada materi  prasyarat;  Kesulitan  membangun  strategi  penyelesaian;  dan  kesulitan  dalam mengambil kesimpulan.

Dengan diadakanya program literasi numering yang dilakukan pada saat sebelum pembelajaran dimulai di kelas IV SDN 2 Cirendang diharapkan anak-anak dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan membuat pelajaran matematika menjadi lebih mudah dan disenangi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun