Mohon tunggu...
Moch Alfa Alfiansyah
Moch Alfa Alfiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pemuda sederhana, mahasiswa biasa saja. Menulis sesukanya.

Moch. Alfa Alfiansyah, pemuda sederhana, putra daerah Probolinggo berusia 21 tahun. Indeks Prestasi yang tinggi, sering memenangkan lomba menulis, beberapa karyanya telah dibukukan, serta aktif organisasi dan kegiatan lokal hingga internasional adalah capaiannya sebagai seorang mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Dirinya juga merupakan pribadi yang religius, santai, dan suka bersosialisasi. Cita-citanya adalah menjadi seorang pustakawan yang ditunjangnya dengan karakter pekerja keras, softskil, dan hardskill yang mumpuni.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ini Daftar Lengkap Layanan Perpustakaan, Ternyata Bukan Hanya Pinjam Buku!

2 Februari 2021   20:59 Diperbarui: 2 Februari 2021   21:10 1138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ketika kamu berkunjung ke perpustakaan, apa sih yang ingin kamu lakukan? Mungkin hanya meminjam, mengembalikan, atau sekedar melihat-lihat koleksinya, bukan? Jika kamu mau minjam buku, pastinya nanti akan ada pustakawan yang membantumu dalam proses peminjaman, misalnya seperti mendata buku yang ingin kita pinjam. 

Nah, apa yang kamu lakukan itu disebut sebagai layanan peminjaman (sirkulasi). Jika demikian, rasanya perpustakaan sangatlah simple, hanya memajang buku dan meminjamkannya, dan begitu aja terus sampe tutup wkwkwkwk. Namun, tahukah kamu? Sebenarnya cara kerja dari perpustakaan tidak sesederhana itu, bahkan bisa dibilang cukup rumit jika kita tengok dari awal hingga akhir.

Layanan perpustakaan sendiri adalah usaha yang dilakukan pengelola perpustakaan untuk menyediakan informasi dalam bentuk koleksi perpustakaan untuk digunakan pemustaka. Secara umum, layanan perpustakaan dibagi menjadi 2 macam, yakni layanan teknis dan layanan pemustaka. Jika perpustakaan diibaratkan sebagai sebuah restoran, maka layanan teknis adalah dapurnya, sedangkan layanan pemustaka adalah ruang makannya. Udah kebayang kan... berarti layanan teknis itu aktivitas untuk mempersiapkan bahan pustaka agar siap untuk disajikan kepada pemustaka, sedangkan layanan pemustaka artinya pemanfaatan koleksi yang sudah disiapkan tadi.

Jika diruntut dari awal secara detail, urutan layanan yang ada di perpustakaan dapat disimak pada uraian berikut. Yuk cekidot...

1. Layanan Pengadaan Koleksi
Pertama-tama, perpustakaan harus mengadakan koleksinya. Perpustakaan dapat mengadakan koleksi melalui pembelian, peminjaman, titipan, tukar-menukar, hadiah, maupun hibah. Dalam pengadaan itu, perpustakaan perlu untuk mempertimbangkan banyak hal yang dikenal dengan istilah analisis kebutuhan pemakai dan seleksi. Intinya, perpustakaan tidak bisa sembarangan mengadakan koleksi, namun harus berpatok pada tujuan dan prinsip perpustakaan, kebutuhan informasi pemakai, daerah bibliografi, dan lain-lain.

2. Layanan Pengolahan
Setelah koleksi perpustakaannya sudah ada, selanjutnya koleksi tersebut akan diolah terlebih dahulu. Urutan dari layanan pengolahan koleksi yang pertama adalah mengecek faktur pembelian/bukti kedatangan yang berisi jumlah, harga, kondisi, jenis, sumber, dll. 

Perpustakaan harus memastikan bahwa barang yang datang harus sesuai dengan pesanan/kesepakatan di awal, termasuk juga mengecek kondisi barang secara fisik apakah mengalami kerusakan atau tidak. Setelah dirasa tidak ada kesalahan, koleksi yang baru datang itu selanjutnya diinventarisasikan dengan mencatatnya dalam database perpustakaan. Data yang dicatat antara lain tanggal, pengarang, judul, eksemplar, tahun terbit, asal koleksi, jenis, bahasa, dan sebagainya. Setelah itu, koleksi juga diberikan nomor inventarisasi (nomor urut buku dalam keseluruhan koleksi perpustakaan).

Setelah melakukan pencatatan, koleksi tersebut selanjutnya digolongkan berdasarkan subjeknya (klasifikasi) dan dilanjutkan dengan memberikan informasi ringkas melalui koleksi itu (katalogisasi). Contohnya adalah pemberian call number (nomor panggil) yang isinya ada nomor klasifikasi, 3 huruf nama pengarang, dan 1 huruf judul buku. 

Belum selesai, langkah selanjutnya adalah pemberian kelengkapan pada koleksi berupa labelling, yakni pemberian call number, bardcode, atau semacamnya pada tubuh koleksi, pengecapan stempel rahasia, dan juga pemberian sampul pada koleksi. Terakhir adalah shelving, yaitu penataan koleksi pada rak/tempat khusus yang sudah ditentukan sesuai dengan klasifikasinya.

3. Layanan Sirkulasi
Setelah koleksi dianggap siap dan telah terpajang, maka perpustakaan memasuki layanan sirkulasi. Sesuai dengan namanya, sirkulasi berarti pergerakan, ada yang keluar dan ada yang masuk. Dalam perpustakaan, layanan sirkulasi adalah layanan membaca di tempat, meminjam, dan mengembalikan bahan pustaka. Layanan ini adalah layanan yang paling umum dan wajib ada di seluruh perpustakaan karena menunjukkan visibilitas/gambaran kerja dari perpustakaan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun