Mohon tunggu...
moch syahfrudin
moch syahfrudin Mohon Tunggu... Penulis - ID : moch03478 || Email : syahfmoch@gmail.com ||

ID : moch03478 Tinggal di Sebuah desa kecil di Kecamatan Mayong. Kabupaten Jepara. Jawa Tengah. Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Cerbung

Cerbung #6 Mendadak Mekanik Bersosbud

8 Oktober 2023   07:41 Diperbarui: 8 Oktober 2023   07:46 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi. Pak Pri memperbaiki jalur kabel motornya.

Pagi hari tadi sekitar jam 09.00 WIB ngobrol kesana kemari dengan Pak Priyono, kemudian Pak Pri bertanya. Pak punya kunci buat servis motorku, sudah lama tidak kepakai masih hidup tapi air radiator masuk ke dalam mesin. 

Aku jawab ada pak. Mumpung libur,.sahutnya. Lalu Pak Pri pulang dan mengambil sepeda motor miliknya,

Beginilah suasana tinggal di wilayah yang ramai tapi bukan kota, atmosfer suasana desa masih terasa meskipun sudah banyak pabrik dan pendatang. 

Saling bertemu sapa, berbagi cerita apa saja dengan maksud untuk berbagi pengalaman dan berbagi pengetahuan baru. 

Entah bercerita dagang, cerita ternak, cerita sepeda motor rusak yang tak tahu harus dibawa kebengkel mana, cerita ayam pup di kursi teras rumah dan banyak lagi yang semuanya menghibur serta bermanfaat minimal sebagai sarana menjalin silaturahmi dan mengenal satu sama lain.

Ketika Jok sepeda motor vixion pak Pri dibuka ternyata banyak kabel yang hampir putus digigit tikus, jejak - jejak sampah yang ditinggalkan tikus berserakan dibawah jok motor Pak Pri. Tangki, body kendaraan, semua dilepas.. lalu satu persatu kabel diperbaiki dengan disambung ulang dan disolasi supaya rapat kembali. 

Sesekali clemongan guyonan khas menjadikan suasana tidak begitu tegang karena terlalu serius memperbaiki kabel dan saya sendiri memperbaiki sistem pendingin radiator yang tidak berfungsi normal.

Jam 15.30 pekerjaan telah selesai, motor bisa digunakan meskipun masih banyak PR yang harus diperbaiki.

Ah begini dulu saja yang penting besok senin dicoba buat berangkat kerja, PR nya dilanjutkan Sabtu minggu depan, sahutnya.

Meskipun Pak Pri sibuk ikut memperbaiki sepeda motornya namun masih sempat berjalan kaki sejenak ke warung yang tidak jauh dari rumah saya, tidak lama kemudian datang minuman es, dan pelengkapnya. Benar benar istimewa, beginilah karakter - karakter orang Indonesia yang harus tetap menjadi sebuah bentukan karakter independent, ini lho orang Indonesia, bukan orang Indonesia berkarakter negara lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerbung Selengkapnya
Lihat Cerbung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun