Kali ini saya akan mencatat mengenai pelayanan pada bisnis online yang merupakan point penting dalam keberhasilan suatu bisnis online. sebut saja ecommerce, perusahaan yang berbasis jual beli produk melalui situs website.
saya punya cerita yang menarik mengenai ini, ditengah banyaknya pasar jual beli yang sangat ramai diperbincangkan tentu saja jika kita seorang pemilik bisnis online akan bertanya, bagaimana cara agar bisnis ini bisa ramai dikunjungi banyak orang, ditemukan dipencarian Google, hingga produk yang kita jual laku dan menghasilkan banyak income.
yaa, itu maunya.
Namun, dalam perjalanan membangun bisnis dari 0 khususnya ecommerce, banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis online, tidak hanya mengenai banyaknya trafik saja, ada hal-hal lainnya juga yang sebenarnya tujuannya satu; bisnis berkembang dan maju.
Dalam bisnis ecommerce yang saya tahu, tentu kita harus punya produk yang perlu kita jual kan? selain produk yang akan kita jual, terlebih dulu kita harus menemukan siapa pengguna / market kita. tanpa itu? mau sebaik apapun produknya kalau tidak ada yang membeli, tetap saja tidak laku kan?
Nah, pastikan produk yang dijual itu dibutuhkan oleh market ataupun jika mau branding sekalian saja yang unik yang tidak ada dipasaran, artinya resikonya membangun brand dan juga menciptakan market sendiri.
Ketika produk selesai dibuat, barulah produk itu dipasarkan melalui online (karena ini bisnis online), nah pada fase ini kita akan menemukan beberapa tantangan baru apa itu? yaitu; Bagaimana agar bisnis/produk saya mudah ditemukan di Google? karena lebih dari 75% orang yang berada diinternet mencari sesuatu melalui internet, begitu juga pebisnis online mereka berlomba-lomba untuk ditemukan di Google. saya pikir itu sebuah tantangan sebuah bisnis manapun untuk pertama kalinya.
Nah, asumsinya sudah ada customer yang menemukan bisnis kita, lalu dia pasti ada 2 pilihan, pertama dia langsung membeli produk kita karena kita pakai ecommerce, yang kedua dia akan bertanya bisa melalui telpon atau chating tentunya. pada fase ini sangat menentukan apakah customer jadi membeli produk kita atau tidak, karena pada awalnya dia sudah mencari produk yang mereka mau secara acak melalui internet, lalu bisnis kita muncul pada urutan pertama.Â
Pertanyaanya; Apakah mereka menemukan jawaban dari solusi yang mereka cari diinternet dengan situs ecommerce kita?
Jika iya, SELAMAT!!!! Artinya mereka akan langsung membeli produk itu tanpa pikir panjang.
Namun, tunggu dulu, sebelum bisa seperti itu tentu adalah proses dibaliknya ada beberapa faktor yang mempengaruhi tentunya, apakah situs website kita cepat? apakah informasi yang telah diberikan website kita telah diterima dengan baik? dan apakah customer percaya dengan apa yang kita jual? kemudahan dan kepercayaan pada bisnis ecommerce membuat user bisa memutuskan beli atau tidak dalam hitungan  detik saja.