Mohon tunggu...
Dayang Fira Yunita
Dayang Fira Yunita Mohon Tunggu... Konsultan - Spesialis Ilmu Pemasaran

Saya memiliki pengalaman kerja di bidang pemasaran, dan saya juga memiliki latar pendidikan di bidang pemasaran ( Marketing Manajemen ).

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Cara Jitu Rahasia Agar Usaha Sukses Melalui Influencer Marketing

9 Desember 2023   15:37 Diperbarui: 9 Desember 2023   19:31 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Hallo Para Wirausahawan!!! Salam Semangat !!! Sukses !!!

Sesuai judul yang ada di tagline, berikut Cara Jitu Rahasia Agar Usaha Sukses Melalui Influencer Marketing. Eetss sebelum ke pembahasan Cara Jitu Rahasia Agar Usaha Sukses, anda wajib memahami terlebih dahulu apa itu Influencer Marketing.

 

Influencer Marketing 

Agar anda mudah memahami apa itu Influencer Marketing maka penjelasannya akan di bagi secara terpisah, yaitu apa itu Influencer dan Marketing.

  • Influencer adalah manusia/orang yang memberikan pengaruh dan menginspirasi dalam membimbing tindakan orang lain serta mendorong orang untuk mengikutinya.
  • Marketing adalah aktivitas proses menciptkan, mengkomunikasikan, menyampaikan serta melakukan pemasaran / tawaran produk atau jasa.

Nah, jadi Influencer Marketing 

Adalah suatu proses pengenalan ataupun pemasaran suatu produk atau jasa melalui media online dengan mengunakan jasa seorang/sekelompok public figure yang terkenal dan memiliki banyak fans, banyaknya jumlah pengikut, like, komen, dan share pada konten yang dia upload di akun media sosialnya seperti Youtube, Tiktok, Facebook, Instagram, dan akun media social lainya.

 

Berikut Cara Jitu Rahasia Agar Usaha Sukses Melalui Influencer Marketing

  • Menetapkan beberapa kandidat para influencer yang akan melakukan proses marketing di usaha anda melalui media sosialnya.
  • Mencari atau mengulik latar belakang konten influencer tersebut, akan lebih baik relevan dengan usaha yang anda buat agar lebih meyakinkan audiens tentang kualitas usaha anda, misalnya ( Food Vlogger -- Usaha F&B ), ( Travel Vlogger -- Usaha Perlengkapan Traveler ).
  • Melihat latar belakang / kualitas influencer ( Personal Branding ) tersebut dimedia sosialnya, konten yang ia buat, like, komen, share yang ia peroleh dan seberapa jauh jangkauan konten influencer tersebut di lihat oleh masyakarat media social.
  • Jika 3 poin di atas sudah di lakukan, dan sudah terpilihnya influencer maka influencer akan melakukan proses Marketing, anda SANGAT PERLU berkontribusi memberikan ide-ide dan menginformasikan produk atau jasa unggulan di usaha anda tersebut lalu mengoreksi hasil dari konten tersebut sebelum di unggah oleh infuencer.
  • Selanjutnya melihat secara berkala hasil dari konten tersebut. Melakukan perbandingan ( Hasil Keuntungan Perusahaan ) baik itu dari segi penjualan produk/jasa dan juga Branding Perusahaan sebelum dan sesudah pemakaian jasa influencer tersebut, serta menjalin hubungan baik dengan influencer yang pernah anda gunakan jasanya, agar usaha anda terjaga kredibilitasnya.

Salam Semangat !!!

 Sukses !!! 

 Terima Kasih.....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun