Mohon tunggu...
Mitha Susanto
Mitha Susanto Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Tarumanagara

Trisakti School of Management 2018 Jakarta Universitas Tarumanagara 2023 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menulis Job Descriptions dengan benar? Bagaimana caranya? Simak berikut ini!

22 Juni 2021   00:01 Diperbarui: 22 Juni 2021   00:12 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum menulis job descriptions ada baiknya kita memahami pengertian dari job descriptions. Job description adalah suatu tugas tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas. Berisi gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh pemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan-alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antara suatu posisi tertentu dan posisi lainnya di luar lingkup pekerjaannya dan di luar organisasi (eksternal) untuk mencapai tujuan unit kerja dan perusahaan secara luas. 

Ada anyak cara untuk menulis job descriptions. Beberapa organisasi memiliki format standar untuk job descriptions, meskipun resikonya disini yaitu manajer dan karyawan akan mengissi formulir untuk memenuhi apa yang mereka lihat sebagai persyaratan organisasi dan bukan karena merka menganggap job descriptions sebagai membantu dalam hubungan kerja mereka. 

Berikut ini gambaran contoh Job Descriptions 

Berikut ini saya akan membagikan 4 cara menulis job descriptions dengan benar : 

1. Job descriptions harus sederhana. Maksudnya banyak job descriptions yang begitu kompleks sehingga manajer dan karyawan bingung. Maka dari itu menulis job descriptions harus ditulis dengan jelas dan sederhana. 

2. Job descriptions tidak boleh melebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan. Jadi ketika menulis job descriptions tulislah denggan sejujur-jujurnya dan memperhatikan tugas  yang penting dan tidak penting. 

3. Job descriptions tidak boleh disamakan dengan profil seseorang. Jadi isi job descriptions harus lebih banyak tentang kualitas yang diinginkan pemegang pekerjaan daripada isi pekerjaan yang sebenarnya. 

4. Job descriptions harus dibuat bersama dan disepakati. Uraian dari pekerjaan tidak boleh ditulis dan dikenakan pada pemegang pekerjaan dari atas, atau ditulis oleh analisis pekerjaan yang bekerja secara terpisah. 

Sekian cara menulis job descriptions dari saya, saya harap anda dapat membuat job description dengan benar. 

201860180_Mitha Susanto

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun