Magang atau Praktik Kerja adalah kegiatan pembelajaran yang memberikan pengalaman praktis dan wawasan kepada mahasiswa mengenai kegiatan di dunia kerja. Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja yang bertujuan untuk menerapkan ilmu dan kompetensi yang didapat selama di bangku perkuliahan.
Magang merupakan salah satu program penting dalam dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan teori yang telah dipelajari di bangku kuliah secara langsung dalam dunia kerja. Selain itu, magang juga bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan. Salah satu cara untuk mewujudkan program tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan magang yang merupakan salah satu program yang ada di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Pelaksanaan magang yang saya tempuh selama 40 hari berjalan dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Penulis melakukan magang di Cha's Reaload. Cha's Reload ini merupakan pekerjaan yang bergerak di bidang jasa yang diberikan oleh Cha's Reload.
Cha's Reload ini sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu sebuah usaha umkm konter pulsa yang menyediakan kartu perdana voucher, accessories dan pengian pulsa/top up. Cha's reload adalah perusahaan yang sedang berkembang berdiri sejak tahun 1969. Kini cha's reload yang beralamat di jl. Putat gede no.16 surabaya, mempunyai berbagai cabang umkm di surabaya yaitu di daerah sukomanunggal, sememi dan sawahan. Di tiga cabang ini ada berbagai nama yaitu chacha cell cabang pertama, multimedia pulsa cell cabang kedua, dan kramat cell cabang ketiga. Cha's reload juga memiliki 4 bagian divisi yaitu staff fl, administrasi (paket data, accessories dan server)
Kegiatan magang mencakup berbagai tugas administrasi Pemasarn di Cha's Reload seperti Menerima orderan online melalui shoppe dan tokopedia, Cetak resi dan paking pesanan online yang akan dikirim kurir, Menginput barang melalui ipost toko, Menginput barang masuk dari supplier, Menginput barang keluar untuk disebarkan ke konter cabang dan retail offline Cha's Reload, Retur pengembalian barang yang sudah terkirim dikarenakan tidak jadi order, Membuat tanda terima barang orderan, Menginput komisi harian seles per area, Input kas masuk dan keluar per hari, Menulis SN voucher/Kartu perdan untuk orderan offline per area, Membuat Iklan Shoppe untuk event besar-besaran atau tanggal cantik.
Faktor yang mendukung berjalan nya magang Sistem Administrasi yang terstruktur, Pengelolaan waktu dan jadwal, Pengelolaan data dan informasi pasar, Sumber daya manusia yang kompeten. Adapun faktor penghambat yaitu Keterbatasan sumber daya manusia, Keterbatasan Anggaran, Komunikasi yang buruk
Hasil yang diperoleh penulis selama magang yaitu peningkatan skill dalam berkomunikasi dengan pelanggan, kerjasama tim yang sangat baik, dan memiliki rasa tanggung jawab yang lebih. Dengan demikian penulis mendapatkan pengalaman yang paling berharga agar penulis dapat mempersiapkan diri jauh lebih baik untuk mempersiapkan diri dan menghadapi tantangan dalam memasuki dunia kerja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H