Mohon tunggu...
Mita Andriyani
Mita Andriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mempertahankan Loyalitas Pelanggan atau Mencari Pelanggan Baru, Pilih Mana?

28 September 2022   15:54 Diperbarui: 28 September 2022   15:59 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama saya akan menjelaskan apa itu pengertian dari Pelanggan. Pelanggan adalah individu atau kelompok yang membeli produk atau jasa yang dijual secara rutin (terus menerus). Sehingga pelanggan akan memberikan loyalitas kepada produk yang kita jual. Sebagai penjual diluaran sana pasti memilik trik marketing (pemasaran) yang dilakukan apakah mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah lama berbelanja tempat kita atau mencari pelanggan baru untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijual. Kalau kalian termasuk penjual yang bagaimana nih?

Kalau menurut saya, saya akan memilih mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah lama, dikarenakan ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan. Disini saya akan menjelaskan beberapa keuntungannya yaitu

1. Akan lebih mudah

Teman -- teman pasti sudah mengetahuinya, pelanggan setia biasanya sudah yakin serta percaya dengan layanan serta produk yang dimiliki oleh kita sebelumnya, nah dari situ akan jauh lebih mudah bagi kita untuk menawarkan atau meyakinkan mereka (pelanggan) untuk mencoba produk baru serta layanan yang lainnya, kemudian kita mudah untuk mendapatkan penilaian (feedback) dari pelanggan setia, sehingga kita bisa mengetahui produk layanan yang kita jual apakah mempunyai kekurangan atau tidak dengan begitu kita akan memperbaikinya.

Sedangkan mencari pelanggan baru membutuhkan banyak waktu, usaha, serta biaya yang lumayan banyak (tidak sedikit) untuk mempromosikan dan meyakinkan mereka supaya membeli produk kita.

2. Mengurangi biaya

Dengan adanya pelanggan yang setia, mereka pasti akan mencoba produk yang kita tawarkan. Mereka akan kembali dengan sendirinya dan kita hanya menggunakan media sosial atau bisa melalui email untuk mempromosikan produk yang kita jual dan pastinya kita akan menghemat biaya pengeluaran dan pastinya dapat mendatangkan pelanggan baru.

Mencari pelanggan baru membutuhkan biaya hampir lima kali lipat lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan pelanggan setia. Belum tentu penawaran produk yang kita tawarkan kepada pelanggan baru akan cocok dengan mereka.

3. Memberikan Keuntungan

Dengan adanya pelanggan setia kita harus bisa mempertahankannya, apabila mereka menyukai layanan atau produk yang kita jual secara tidak langsung atau mereka dengan sendirinya akan mempromosikan serta membicarakan ke teman -- teman sekitar, sehingga loyalitas pelanggan akan timbul sendiri dengan cara mempromosikan barang dagangan kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun