Mohon tunggu...
Mita Andriyani
Mita Andriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Produk yang Minim Produksi tapi Mampu Mencapai Tujuan Promosi

5 Agustus 2022   09:54 Diperbarui: 5 Agustus 2022   10:11 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak perusahaan - perusahaan di sekitar kita yang melakukan promosi secara terus menerus di media sosial atau platform digital demi mencapai tujuan promosi yaitu meningkatkan keuntungan penjualan sehingga menghasilkan laba (keuntungan) sebanyak - banyaknya.  Tetapi sebagian dari perusahaan tersebut ada juga yang minim promosi atau dengan kata lain jarang mempromosikan produk nya tersebut, akan tetapi perusahaan tersebut dapat mencapi tujuan promosi yang diinginkan. Mengapa demikian ? Bagaimanakah perusahaan tersebut melakukannya sehingga tujuan promosi dapat tercapai?

Contoh produk yang dapat dikatakan minim dalam promosi tapi mampu mencapai tujuan promosi yaitu produk listrik, gas, bahan bakar, batu bara serta mineral dan lain - lainnya. Produk tersebut merupakan produk yang dimiliki oleh perusahaan monopoli yang berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Pertamina, PLN, PDAM dan lain - lainnya.

Dikarenakan perusahaan tersebut di dalam pasar monopoli menjadikan perusahaan tersebut menjadi satu - satunya produsen di pasar dan sulit untuk perusahaan lain ikut masuk (bersaing), maka secara otomatis pembeli akan membeli poduk - produk tersebut. Contohnya PLN, yang memberikan pasokan listrik untuk masyarakat.

Perusahan monopoli banyak memiliki keuntungan salah satunya dapat menentukan harga. Perusahaan tersebut memiliki kewenangan untuk mengatur harga produk yang dijualnya. Sehingga perusahaan tidak memerlukan banyak iklan untuk promosi. Iklan yang dilakukan hanya untuk menjaga hubungan dengan masyarakat (konsumen), bukan untuk tujuan promosi. Karena pada dasarnya perusahaan monopoli menyediakan produk - produk yan dibutuhkan setiap harinya.

Demikian artikel yang saya buat mengenai produk yang minim promosi tapi mampu mencapai tujuan promosi, terima kasih bagi rekan -rekan yang sudah membaca artikel saya. Apabila terdapat kata - kata yang salah dalam penulisan mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun