Oleh :Â
Aurah Jauhara Ali (1107622118)
Aulia Rachma Dinayanti(110722039)
Mita Meriska (1107622003)
Salwa Kanahaya Saskiani (1107622206)
Prodi: Pendidikan Guru Sekolah DasarÂ
Instansi: Universitas Negeri Jakarta
Mata Kuliah: Keterampilan Berbahasa Indonesia SD
Dosen Pengampu: Uswatun Hasanah, M. Pd
I. Pendahuluan
 Di era teknologi, sistem pendidikan Indonesia telah menghadapi berbagai perubahan dan tantangan. Salah satu tantangan terbesarnya adalah integrasi teknologi ke dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tingkat kesiapan yang tinggi untuk memahami konsep-konsep abstrak dan mengembangkan keterampilan komputer. Pada tahun 2022, survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa penetrasi Internet di Indonesia akan terus tumbuh hingga lebih dari 200 juta pengguna Internet aktif. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali ketersediaan teknologi di masyarakat yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menunjang sistem pendidikan. Namun dalam mengevaluasi kesiapan sistem pendidikan Indonesia menghadapi era teknologi, juga harus memperhatikan perbedaan ketersediaan teknologi antar daerah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat kesenjangan akses terhadap teknologi antara perkotaan dan perdesaan.