Mohon tunggu...
Mita Indah
Mita Indah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Halo teman temanku semua, terimakasih sudah mampir di tulisan saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Silaturrahmi dalam Kehidupan Sehari-hari

17 Juli 2021   00:11 Diperbarui: 17 Juli 2021   00:25 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi maka Allah akan melapangkan rezeki dan memperpanjang umurnya. Menjalin silaturahmi termasuk amalan yang memiliki banyak keutamaan dan salah satu ibadah yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan silaturahmi merupakan salah satu cara untuk untuk memperlancar rezeki dan menjaga hubungan baik dengan keluarga dan saudara lainnya. Oleh sebab itu disini saya memberikan materi pentingnya silaturahmi di bangku kelas 4 MI Islamiyah Dadirejo memiliki tujuan agar siswa siswi lebih mengerti dan dapat melaksanakan pentingnya silaturahmi dalam kehidupan sehari hari. Tidak baik jika saling bermusuhan dalam berteman, alangkah lebih baiknya jika berhubungan baik dan menjalain silaturahmi dengan sesama teman.

Pembelajaran yang saya berikan kepada anak-anak MI berupa pembelajaran langsung tatap muka atau luring. Dimana saya membuat main maping berupa gambar-gambar yang menarik dan warna warni agar anak-anak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang saya ajarkan. Disini saya juga menyuruh anak anak untuk berani berbicara kedepan dengan cara menyuruh membaca main maping yang sudah saya sediakan dan tertempel di papan tulis. Selain itu saya akan memberikan hadiah kepada siswa yang yang aktif mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan yang saya ajaukan maupun yang mau bertanya kepada saya tentang materi yang saya ajarkan.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Selain mempelajari tentang pentingnya silaturahmi yang tersaji dalam main maping, saya juga memaparkan materi mengenai Hukum nun mati dan tanwin. Tujuan dari adanya pembelajaran nun mati dan tanwin disini adalah agar siswa dapat membaca Al-Qur'an secara baik dan benar sesuai dengan makhraj dan sifatnya, untuk menjaga kemurnian bacaan Al-Qur'an, sehinggan sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan menjaga lisan agar tidak terjadi kesalahan dalam membaca.

Cakupan materi yang saya berikan disini mengenai pentingnya silaturami dan hukum nun mati atau tanwin terdapat dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadist yang ada di bangku sekolah kelas 4 MI. Jenis media yang saya gunakan berupa media cetak dan tulisan saya sendiri yang saya tempelkan pada kertas manila berupa main maping. Durasi yang saya berikan untuk menyampaikan materi kurang lebih 90 menit. Satu jam pertama untuk perkenalan dan penyampaian materi dan kegiatan Tanya jawab. Dilanjut istirahat 30 menit dan masuk kembali untuk melaksanakan quiz yang saya ajukan untuk dijawab oleh setiap individu. Score perolehan terbanyak akan di berikan hadiah kedada setiap kelompok dan setiap individu yang yang aktif akan mendapat hadiah keaktifan. Kendala dalam pembelajaran secara luring disini hanya pada waktu yang tersedia minim. Sehingga saya harus menggunakan waktu tersebut secara efisien dan siswa mampu menyerap materi yang saya berikan secara paham dan mudah dimengerti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun