Mohon tunggu...
mita
mita Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

hobbi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Metode Pembelajaran Orang Dewasa, Sudah Tahu Apa Saja?

15 Juni 2023   03:59 Diperbarui: 15 Juni 2023   04:06 3530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sistem pendidikan di Indonesia sering dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan terkait sulitnya peningkatan kualitas pembelajaran yang ada disekolah sekolah. Salah satu dari permasalahan tersebut adalah sulitnya membentuk interaksi yang baik antar siswa ke siswa lainnya terkait pembelajaran yang dilakukan. Karena siswa siswa cenderung pasif ketika pembelajaran berlangsung. Ini adalah tantangan yang harus ditindaklanjuti demi generasi masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membangun kerja sama dan interaksi antar siswa. Berikut merupakan metode metode pembelajaran dalam andragogi 

Cooperative Script

Cooperative Script merupakan suatu metode pembelajaran orang dewasa dimana dalam kelompok yang tersebut terjadi pertukaran informasi antara setiap anggota kelompok. Guna memberikan pemahaman terkait suatu topik yang nantinya fasilitator berikan. Hal ini dapat digunakan untuk memperkaya pengetahuan social pada peserta. Setiap peserta memiliki tanggung jawabnya masing masing untuk menjelaskan suatu topik berdasarkan pandangan mereka sendiri. Jadi kesimpulannya adalah metode ini merupakan metode pembelajaran secara berkelompok, dimana fasilitator memberikan topik pada tiap tiap kelompok. Lalu di setiap kelompok diperintahkan untuk mendiskusikannya, hingga munculah pandangan kelompok terhadap topik yang sudah didiskusikan. Metode ini menggunakan prinsip bekerja sama antar tiap anggota, dan setiap peserta memiliki kesempatan untuk memberikan pandangannya masing masing terhadap suatu topik permasalahan.

Group Investigation

Jadi dalam metode pembelajaran ini, peserta diperkenankan untuk selalu aktif dalam pembelajaran, metode ini membagi kelas menjadi beberapa kelompok, dan nantinya setiap peserta mencari informasi terkait materi-materi yang akan dipelajarinya secara mandiri. Metode pembelajaran ini memberikan dorongan kepada peserta untuk selalu aktif dalam kelas ataupun ketika berdiskusi, bellajar mengemban tanggung jawabnya sendiri, dan peserta diharapkan bisa menjadi peserta yang selalu berfikir kritis dalam menanggapi setiap materi yang ia dapatkan, peserta juga diharapkan untuk bisa belajar menganalisis informasi informasi yang sudah didapatkan, menggali fakta terkait sesuatu hal, dan juga peserta diharapkan untuk membuat ide didasarkan atas pengetahuan yang sudah dimilikinya

Numbered Head Together

Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu metode pembelajaran dalam pembelajaran orang dewasa dimana fasilitator memberikan nomor kepada setiap peserta, setiap peserta wajib meletakan nomer yang mereka dapatkan dikepala mereka masing masing. Metode pembelajaran ini dilakukan secara berkelompok denga peserta-peserta lainnya. Metode ini mengharapkan peserta lebih bisa memahami materi yang sudah dibagikan, dan juga siap untuk menjelaskan materi tersebut, dengan pandangan mereka sendiri ataupun berdasarkan hasil analisis yang sudah mereka lakukan dalam kelompok.

Kooperatif Tipe STAD

Dalam metode pembelajaran orang dewasa ini, fasilitator membagi kelas menjadi beberapa kelompok, dan menamai setiap kelompoknya. Lalu setiap kelompok diberikan materi atau topik tertentu yang nantinya akan menjadi materi kuis. Setiap kelompok dituntut untuk bekerja sama dalam mencari informasi terkait materi, juga menganalisis materi tersebut. Ketika sesi kuis berlangsung, setiap kelompok berebut untuk menjawab pertanyaan kuis. Dimana nantinya kelompok yang mendapatkan poin paling besar akan dijuluki kelompok super dan mendapatkan reward.

Keempat medote tersebut adalah metode pembelajaran orang dewasa yang dapat diterapkan pada pembelajaran andragogi disekolah. Manfaat penggunaan metode pembelajaran seperti diatas adalah agar siswa lebih interaktif didalam kelas, aktif dlam pembelajaran, dan meningkatkan interaksi antara siwa dengan siswa lainnya. Dan tentunya, ke efektifan dari masing masing metode bergantung pada situasi dan konsisi peserta dan fasilitator. Jadi metode mana nih yang kalian suka?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun