JURNAL ILMIAH
Peran IPNU-IPPNU Terhadap Kesiapan Transformasi KurikulumMerdeka 2022
Dibuat oleh :
Muhamad Syarif Hidayatullah
IPNU PAC Kalideres
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama
Pimpinan Cabang Jakarta Barat
2022
Abstrak
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.
Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.
Sedangkan, IPNU dan IPPNU adalah dua organisasi yang besifat keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berhaluan Islam Ahlussunah Waljama'ah. Organisasi ini mempunyai peran yang sangat signifikan dalam era modern sekarang ini. Sebagai anggota IPNU dan IPPNU, merupakan sebuah kebutuhan untuk kita mengetahui peran penting IPNU dan IPPNU di era modern sehingga bisa menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan rasa cinta setiap anggota kepada organisasi
Daftar Isi
1. Pengertian Kurikulum Merdeka 2022
2. IPNU-IPPNU dalam persepsi Pelajar Merdeka
3. Implementasi Kurikulum Merdeka
4. Kesiapan IPNU-IPPNU dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka
1. Pengertian Kurikulum Merdeka