BERINOVASI DISAAT MASA PANDEMI
Images: gambar inovasi bisnis
Sumber: El samara.com
Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan dunia perbisnisan. Bisnis merupakan suatu kegiatan yang memperjual belikan barang ataupun jasa kepada pembeli. Pelaku bisnis itu sendiri dapat dilakukan oleh siapa saja, dari usia muda hingga usia tua. Dalam dunia bisnis, sangat perlu memahami bagaimana strategi pemasaran produk? Maupun bagaimana cara memanajemen produk yang dijual nantinya? Dan cara lainnya. Namun, ada hal yang tak kalah penting sebelum kamu memulai untuk berbisnis yaitu mengetahui ide-ide inovasi bisnis yang sedang booming saat ini.
Apa lagi disaat masa pandemi seperti ini kita di tuntut untuk diam diri di rumah, dalam artian kita harus tetap produktif walaupun sedang di dalam rumah. Produktif dalam artian sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Ketika kamu mencoba ingin produktif, itu artinya kita mencoba untuk mencapai tujuan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya. Biasanya kita dimasa normal melakukan pemasaran dengan cara menjemput bola, tapi sesuai dengan peraturan pemerintah kita bisa melakukan pemasaran produk dengan menunggu bola (pembeli) dengan cara jualan online seperti Shoppe, Marketplace, tokopedia dll. Di dalam inovasi pemasaran kita dapat melakukan inovasi sebagai berikut.
INOVASI TERBUKA
novasi terbuka adalah ketika perusahaan menggunakan ide baik dari internal maupun eksternal. Paradigma ini mengasumsikan bahwa perusahan dapat dan harus menggunakan ide-ide eksternal dan internal serta jalur internal dan eksternal ke pasar. Chesbrough percaya inovasi terbuka adalah cara yang lebih menguntungkan untuk berinovasi.
DISRUPTVE INOVATION
Disruptive innovation adalah ketika produk atau jasa baru dimulai dari bagian bawah pasar tetapi akhirnya bergerak naik dan menggusur pesaing mereka. Menurut Clyton Christensen Institute for Disruptive innovation, fenomena ini terjadi ketika suatu inovasi mengubah pasar atau sektor yang sudah ada dengan memperkenalkan kesederhanaan, kenyamanan, aksesibilitas, dan keterjangkauan.
REVERSE INOVATION
Vijay Govindarajan dalam tulisannya di Harvard Business Review tentang “Reverse Innovation” menjelaskan bahwa pada intinya, reverse innovation adalah mengenai solusi yang diadopsi pertama kali dalam pasar miskin, di negara-negara berkembang yang kemudian menemukan pasar yang lebih kaya, negara-negara maju