Mohon tunggu...
Muzamil Misbah
Muzamil Misbah Mohon Tunggu... Freelancer - Orang biasa yang gemar baca buku, makan dan jalan-jalan

Suka menulis tentang ekonomi dan puisi, financial literacy enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kunci Manajemen Waktu yang Sukses: Awareness, Arrangement dan Adaptation

21 Juli 2023   15:00 Diperbarui: 21 Juli 2023   15:05 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sebagai manusia, kita semua diberi waktu yang sama setiap harinya, yaitu 24 jam. 

Namun, mengapa terkadang kita merasa bahwa waktu tersebut masih kurang untuk menyelesaikan semua tugas dan kegiatan yang telah direncanakan? Mungkin Anda pernah merasa demikian, dan tidak sendirian. 

Kehadiran banyak tanggung jawab dan kegiatan sehari-hari seringkali membuat kita bingung tentang tugas mana yang harus diutamakan dan bagaimana cara mengelola waktu dengan lebih efisien. 

Perasaan kagum terhadap orang lain yang mampu menyelesaikan banyak hal dalam waktu yang sama seringkali mendorong kita untuk mencari tahu rahasia di balik manajemen waktu yang efektif. 

Namun, setiap orang berbeda, dan teknik yang berhasil bagi orang lain belum tentu cocok untuk kita. 

Dalam artikel ini, kami akan mengembangkan beberapa tips dalam manajemen waktu yang dapat membantu kita menjadi lebih produktif dan termotivasi, serta memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Kesadaran (Awareness)

Kesadaran akan waktu yang kita miliki dan bagaimana kita menggunakannya adalah langkah pertama dalam manajemen waktu yang efektif. 

Sadarilah bahwa waktu adalah sumber daya yang berharga dan terbatas, dan kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Ketika kita menyadari nilai waktu, kita akan lebih berhati-hati dalam menentukan prioritas dan menghindari pemborosan waktu pada hal-hal yang tidak produktif.

Pengaturan (Arrangement)

Langkah berikutnya dalam manajemen waktu adalah pengaturan atau arranging. Pengaturan waktu adalah keterampilan menyusun jadwal dengan baik setiap harinya. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Checklist yang Spesifik

Tuliskan daftar kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan dalam bentuk checklist. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun