Andaikan saat ini perusahaan jasa melakukan survey kepuasan pelanggan, berapa kira-kira nilai dari perusahaan tersebut?
Semua kegiatan terlebih kegiatan yang berhubungan dengan jasa, selalu memastikan pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang terbaik, atau pelayanan yang prima, dari kondisi bangunan sarana dan prasarana kantor, sikap petugas, baik dari satpam sampai front office bahkan sampai office boy pun tidak luput dari penilaian pelanggan.
Bagaimana dengan kondisi saat ini, di mana covid-19 sekarang menjadi momok, banyak instansi yang tutup, kalau ada yang bukapun sangat terbatas, pertanyaannya adakah perusahaan berani saat ini untuk melakukan survey kepuasan pelanggannya?
Seperti kita ketahui bersama, hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan sesuatu kewajiban yang harus kita lakukan, pertanyaannya bagaimana melayani pelanggan dalam kondisi seperti ini?
Di mana sebagai garda terdepan, yang pertama kita tetap harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan disisi lain kita harus menjaga agar tidak terkontaminasi dengan virus corona, karena kita tidak tahu apakah pelanggan kita positif corona atau tidak, namun pelayanan terbaik tetap harus kita berikan.
Siang ini saya melihat bagaimana pelayanan diberikan disebuah kantor pelayanan publik, saya hanya mengamati saja, saya juga tidak dapat ijin untuk mengambil foto, sehingga saya tidak wajib menyebutkan nama instansinya, hanya sebagai gambaran cara mereka melayani pelanggan disaat seperti ini.
Petugas satpam
Setiap pelanggan yang akan memasuki kantor akan bertemu dengan seorang satpam yang berdiri didepan pintu dengan alat pengatur suhu tubuh (thermal gun) untuk yang suhu tubuhnya 38 maka tidak diijinkan memasuki kantor dan disarankan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, satpam mengenakan seragam satpam, memakai masker, memakai sarung tangan dan pengatur suhu tubuh di tangan kanannya.Â
Satpam hanya membatasi sepuluh orang yang boleh masuk ke ruangan menuju front office, selebihnya tetap disuruh menunggu diluar dengan tidak bergerombol, diberikan kursi diluar dengan jarang, satu kusi boleh diduduki dan satu tidak, diberi plakband warna merah, di beri tanda silang.
Office boy
Di dalam ruangan berdiri office boy dengan peralatan kerjanya, dengan menggunakan sarung tangan dan masker, berdiri siaga membersihkan ruangan setiap saat.
Front office
Petugas front office menggunakan masker dan menggunakan sarung tangan, tetap melayani dengan baik, cuma tidak terlihat apakah dia tersenyum saat melayani peserta.
Mereka tetap berupaya memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelangganya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan dalam kondisi seperti ini, antara lain: