Penduduk Indonesia saat ini mencapai 255,5 jiwa dan sebagian besar memiliki usia yang produktif, dimana sekitar 50 % berusia di bawah 30 tahun. Bahkan 30 % diantara penduduk Indonesia masih di bawah 15 tahun, sekitar 80 juta penduduk indonesia telah mengakses internet dan menggunakan media sosial.
Mau tidak mau, suka tidak suka, dunia bisnis /dunia usaha sudah berubah, target market kedepannya adalah usia produktif yang sadar digital, peluang bisnis dengan pemanfaatan digital sudah di depan mata. Siapa sangka sekarang semisal Ojek, yang dulu dianggap pekerjaan disepelekan setiap orang dan dianggap pekerjaan orang yang berpendidikan SD,SMP atau SMA, dengan digital "GoJack dan Grap tidak sedikit S1 dan S2 sekarang menggikuti program ini.
Berapa banyak Toko-Toko, usaha-usaha seperti matahari yang tutup, karena adanya Buka Lapak, Toko Pedia dan lain sejenisnya. Tergerus olah media digital.
Website merupakan representasi virtual dari bisnis/usaha yang kita jalankan, pengguna internet tentunya menginginkan segala informasi yang mereka inginkan tersedia dan mudah, serta akurat. Dengan adanya wibesite, bisa membantu pelaku usaha atau bisnis untuk menawarkan usaha,jasa usaha yang dijalankan secara modern dan profesional, banyak jenis-jenis website yang ada sekarang, tinggal klik, dunia ada dalam genggaman.
Tentunya banyak sekali keuntungan-keuntungan yang kita dapat dengan berusaha menggunakan website, diantaranya, kita bisa memilih domain website sendiri, sehingga konsumen lebih mudah menemukan usaha kita, kita bebas menentukan isi website sesuai kebutuhan dan keinginkan kita, kita bisa langsung berinteraksi dengan pihak konsumen kita, sehingga jika ada komplain bisa langsung diselesaikan, yang terpenting tentunya dengan menggunakan website adalah untuk meningkatkan kredebilitas usaha, konsumen bisa langsung menemukan alamat website kita di search engine.
Namun diatara kelebihan-kelebihan website, tentunya juga ada kekurangan-kekurangannya seperti, harus selalu di promosikan/ harus selalu di update agar meningkatkan jumlah trafic penggunjung website, biaya pengembangan sistem cukup mahal, termasuk adanya beban pemeliharaan rutin seperti domain, hosting dan server, adanya resiko sms/email spam bahkan penipuan, karena keterbukaan informasi terkait contact pemilik usaha yang disampaikan di website, dan terkadang konsumen sulit percaya serta terlalu berhati-hati untuk melakukan proses transaksi.
Berikut adalah penggunaan media sosial untuk usaha, media sosial adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang kedalam satu koloborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web (michael cross- ahli komunikasi).
Beberapa media sosial seperti, You Tube, Facebook, Twiter, Instagram, WhatsApp, Pinterst, dan lain-lain.
Saat ini saya belum memiliki data platform media sosial paling aktif di Indonesia tahun 2019 ini, namun kalau melihat dari yang ada saya masih percaya you tube berada pada posisi paling atas disusul oleh facebook.
Tentunya bagi yang akan menggunakan media sosial sebagai sarana usaha, sangatlah banyak, tinggal kita harus memperbanyak jejaring dan mengikuti grup-grup sesuai dengan usaha yang di geluti.
Kalau saran saya sendiri buat para pemula, gunakan lah instagram sebagai sarana usaha, karena kelebihan instagram diantaranya, memudahkan penyebaran akun/ produk yang dijual menggunakan #hashtag, menciptakan suasana berbeda dengan fitur edit gambar dan vidio, bisa jualan tanpa perlu menambahkan akun menjadi teman, pengguna instagram semakin hari semakin banyak.