Covid- 19 merupakan sebuah awal perubahan yang sangat terasa dari segi sosial, pendidikan, serta ekonomi. Interaksi sosial merupakan kebutuhan bagi manusia dimana digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pola interaksi dalam masyarakat yang terjadi disetiap harinya, mengakibatkan komukasi yang cukup baik dalam interaksi sosial, baik disengaja atau tidak disengaja komunikasi secara langsung ini berdampak positif pada sosial lingkungan untuk memenuhi tujuan atau kebutuhan setiap individu atau kelompok. Namun, terdapat perubahan sosial dan ekonomi pada masyarakat setelah terjadinya pandemi covid 19 . Dampak yang timbul dapat berupa dapat positif dan negatif.
     Penyebaran pandemi Covid-19 telah memaksa pemerintah di negara-negara kawasan Asia dan Pasifik untuk melakukan kebijakan penguncian wilayah dan pembatasan sosial secara besar-besaran. Masyarakat saat ini dihimbau oleh Pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan mengurangi mobilitas diluar ruangan. Dalam masa pandemi saat ini masyarakat diatur oleh pemerintah dalam menjalankan pekerjaan dan belajar secara virtual, hal ini dinilai sangat efektif guna memutus rantai penyebaran Covid-19.
     Pada platform Tik tok sendiri merupakan salah satu contoh dari dampak pandemi Covid-19. Laporan Status Literasi Digital di Indonesia pada 2022 menunjukkan, persentase pengguna media sosial TikTok di Indonesia melesat cukup tajam semenjak pandemi Covid-19. Pada 2020, persentase pengguna TikTok di Indonesia hanya 17%. Jumlahnya bertambah 13 poin pada 2021 menjadi 30%. Dari data tersebut menunjukkan melonjakkan pada penggunaan platform Tik tok itu sendiri, yang tentunya memiliki dampak positif dan negatif.
     TikTok, sebagai sebuah platform sosial yang sering digunakan oleh generasi muda untuk berkomunikasi dan mengakses informasi dari seluruh dunia, memiliki Dampak signifikan terhadap remaja, terutama dalam hal perilaku dan pola pikir. Banyaknya tayangan yang berada pada platform Tik tok ini seperti kuliner, fashion, politik, olahraga dan terdapat juga konten atau tayangan yang berisikan opini dari seseorang. Konten yang variatif dan algoritma yang dirancang untuk menampilkan video sesuai minat pengguna menjadi daya tarik yang kuat, menyebabkan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi.
      Penggunaan platform Tik tok memiliki kemudahan untuk diakses oleh seluruh dunia, hal ini menjadikan platform Tik tok memiliki dampak yang positif serta terdapat dampak negatif. Contohnya selama pandemi, TikTok berkembang menjadi lebih dari sekadar platform hiburan. Banyak orang memanfaatkan aplikasi ini untuk tujuan edukasi, kampanye sosial, hingga promosi kesehatan terkait Covid-19. Pemerintah, lembaga kesehatan, dan organisasi lainnya mulai menggunakan TikTok untuk menyebarkan informasi penting secara kreatif dan menyenangkan. Fenomena ini menciptakan hal baru di mana konten yang informatif berdampingan dengan konten hiburan.
      Pada Platform TikTok, yang sebelumnya dilihat sebagai platform untuk remaja, kini memiliki basis pengguna yang lebih luas dan beragam, termasuk para profesional, pengusaha, dan orang tua. Selain itu, muncul berbagai tren konten baru, seperti live streaming, yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara langsung dengan audiens mereka, dan konten influencer yang semakin mendominasi.
    Salah satu fitur yang kini semakin populer di TikTok adalah live streaming, yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens mereka secara real-time. Fitur live streaming ini menjadi populer karena fitur ini banyak digunakan tidak hanya creator kecil namun tidak sedikit artis di Indonesia juga menggunakan Fitur Live Streaming ini. Selain itu, Artis-artis ini menggunakan Live Streaming untuk berbagi kehidupan nyata mereka dalam sehari-hari, ada juga digunakan dalam mempromosikan film terbaru mereka yang akan tayang.Â
Selain menjadi media komunikasi, live streaming juga telah menjadi fitur yang bisa diandalkan bagi para pengusaha dalam menjangkau para penonton nya. bisnis kecil yang mulai memanfaatkan live streaming untuk melakukan promosi produk secara langsung, menawarkan penjelasan produk secara rinci, dan memberikan diskon khusus yang hanya tersedia selama sesi live streaming ini.Â
Hal ini mengubah cara penjualan dilakukan di era digital, di mana pembeli dapat melihat langsung produk, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan umpan balik secara real-time. Live streaming ini menjadi hal yang cukup positif yaitu dengan adanya pekerjaan baru contohnya adalah influencer, salah satu pekerjaan baru yang sangat diminati hingga sekarang karena pekerjaan yang dilihat cukup menyenangkan. Tidak hanya itu Affiliator juga merajalela digunakan pada pengguna kecil yang ingin juga mendapatkan penghasilan tik tok. Selain itu, salah satu pekerjaan yang penting adalah host live yang hingga kini menjadi pekerjaan yang cukup diminati para anak muda.
    Tidak luput dari sisi positif live streaming sendiri juga memiliki sisi negatif, live streaming memang bisa digunakan secara real time untuk berinteraksi dengan penontonnya, namun hal ini juga memiliki dampak negatif yaitu komentar yang tidak pantas, spam, atau bahkan serangan verbal yang dapat terjadi di tengah-tengah siaran yang tidak dapat dikendalikan. Selain itu, live streaming juga digunakan oleh beberapa orang yang memanfaatkan dengan meminta-minta gift dengan melakukan hal-hal yang benar, karena hal ini dapat menjadi acuan bagi creator lain untuk meminta-minta gift dari penontonnya, selain tidak bermanfaat hal ini cukup buruk karena dapat dicontoh oleh creator lain.Â
Live streaming juga dapat menimbulkan risiko privasi bagi pengguna. Selama siaran langsung, pengguna bisa saja secara tidak sengaja mengungkapkan informasi pribadi yang sensitif, seperti lokasi, kondisi rumah, atau informasi pribadi lainnya. Bagi kreator baru atau pengguna yang kurang memahami risiko digital, hal ini bisa berbahaya karena dapat menarik perhatian pihak yang tidak bertanggung jawab.