A.Pengertian E-commerceÂ
E-commerce (perdagangan elektronik) merupakan transaksi barang dan jasa yang dilakukan melalui system elektronik atau media soaial contohnya internet, televise dan jaringan computer lainnya.
E-commerce pertama kali diterapkan pada tahun 1994 pada banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website.
B. Kunci Sukses dalam E-Commerce
Perusahaan e-commerce bisa bertahan dengan adanya tim manajemen yang handal dan kekuatan produk , pengiriman on time, good service, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Tersedianya hargayang kompetitif
2. Tersediakannya jasa pembelian yang tanggap,baik, cepat, dan ramah.
3. Tersedianya informasi barang dan jasa yang lengkap dan akurat.
4. Tersedianya banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mudahnya kegiatan perdagangan
C. Model-model E-commerce di Indonesia
 Market place adalah penyedia jasa mall online, dimana yang berjualan adalah anggota-anggota yang mendaftar atau ingin berjualan dimedia sosial(website market place), dalam market place tersedia jasa keamanan untuk setiap transaksi contohnya dalam system pembayaran.
 Iklan baris adalah bentuk E-commerce yang paling sederhana, hal ini adalah revolusi iklan baris yang ada dikoran dan dimuat didalam website. Contohnya OLX
 Retail merupakan jenis E-commerce yang dimana transaksi jual beli dilakukan melalui system yang ditentukan retail. Transaksi di E-commerce retail sangat aman namun biasanya produk yang ditawarkan tidak terlalu banyak melainkan fokus terhadap satu atau dua barang saja. Contohnya :Zalada,Zalora
D. memulai perdagangan elektronik (E-commerce)
Sebagai penjual atau pedagangÂ
Langkah awal bagi penjual atau pedagang adalah mempertimbangkan atau melihat apakah produk yang akan ditawarkan akan banyak peminatnya atau tidak dan memprediksi siapa yang akan berminat terhadap produk penjualan serta berapa keuntungannya
Langkah kedua adalah pikirkan desain apa yang akan tercantum di website dan apakah perlu menyediakan infrastruktur.
Sebagai pembeli atau konsumen
Kita sebagai konsumen harus memahi kebijakan privasi tersebut, penjual harus memberikan informasi apa saja yang berhak diketahui ole konsumen.kemudian simpanlah informasi yang kita ketahui serta simpanlah kata sandi kita, kemudian bayarlah dengan kartu kredit,kemudian periksalah kebijakan pengiriman dan pengembalian penjual yang terakhir harus yakin bahwa transaksi tersebut aman.
E. Masalah E-commerce
Pertama terjadinya penipuan yang dilakukan dengan cara mencuri identitas orang lain dan membohongi konsumen ,kedua adanya hukum yang kurang lengkap dan berkembang dalam bidang E-commerce ini.
Banyak sekali website yang menjalankan bisnis E-commerce contohnya jual beli Hand Phone, jual beli laptop, jual beli online shop
Toko online merupakan sebuah toko secara online untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Secara bahasa toko online adalah toko dalam internet. Jadi dalam istilah tersebut tidak adanya bangunan toko asli dan tidak ada tatap muka antara penjual dan pembeli, namun hanya ada sebuah website yang berisi informasi barang yang di jual berserta keterangannya dan informasi cara membelinya.
Toko online memudahkan pembeli dalam segi efesiensi waktu. Yang perlu dilakukan hanyalah koneksi internet. Dengan komputer atau smartphone di tangan Anda, Anda bisa membuka sebuah toko online yang menjual barang yang Anda cari. Dengan membaca keterangan yang tertera dalam toko online tersebut akan dengan mudah Anda bertransaksi. Proses pembayaran biasanya menggunakan transfer antar bank atau kartu kredit. Kemudian setelah pembayaran selesai dilakukan barang yang Anda beli akan segera dikirimkan ke tempat Anda.