Mohon tunggu...
Mirna Maulani Firnanda
Mirna Maulani Firnanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Everything comes from Allah and back to Allah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Exciting Ways to Kickstart Your Career as Copywriter

3 Oktober 2024   19:00 Diperbarui: 3 Oktober 2024   19:02 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Universitas Airlangga, Surabaya - Jumat lalu (23/8), Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) UNAIR melaksanakan kegiatan News and Content Training (NCT) Batch 4. Kegiatan pelatihan tersebut mengajak para mahasiswa/i untuk mengetahui lebih dalam terkait copywriting yang biasanya dijumpai di media sosial. Materi di dalam pelatihan tersebut disampaikan secara langsung oleh Raharja Putra, alumni Universitas Airlangga yang kini bekerja sebagai Profesional Copywriter dan telah mengajar ribuan mahasiswa melalui berbagai platform.

Pada pelatihan Jumat lalu, beliau turut membagikan tips menciptakan copywriting yang efektif dan efisien sebagai pemula kepada para mahasiswa/i Universitas Airlangga. Penasaran apa saja yang beliau sampaikan? Simak penjelasan di bawah ini!

Pertama, memahami apa itu copywriting dan bagaimana teknik membuatnya. Beliau menuturkan bahwa copywriting merupakan sebuah tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap suatu produk atau mengajak masyarakat untuk melakukan suatu hal tertentu. Copywriting sering kali kita jumpai pada media sosial, seperti Instagram, Twitter (X), dan platform online lainnya.

Kedua, mencari tahu beberapa sturktur penulisan copywriting, seperti AIDA, BAB, STAR, dan lainnya yang dapat kalian temukan di laman Google. Masing - masing struktur yang digunakan dalam copywriting biasanya disesuaikan dengan produk, kondisi, dan target audiens.

Ketiga, mengenali produk dan target pasar. Copywriting yang baik adalah copywriting yang dapat 'menghipnotis' audiens untuk membeli produk atau melakukan sesuatu. Seorang copywriter harus memahami produk atau sesuatu yang akan dia promosikan dengan baik agar hasil copywritingnya tepat sasaran.

Keempat, membuat outline atau kerangka penulisan, seperti headline, body copy, closing. Perlu diketahui bahwa headline atau judul sangat penting dalam menarik perhatian audiens. Kerangka copywriting juga biasanya dapat disesuaikan dengan struktur penulisan dan produk yang dipromosikan.

Kelima, membuat narasi sesuai outline dan mereviu untuk mendapatkan hasil copywriting yang menarik. Panjang atau pendeknya narasi disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan copywriter.

"Prinsip utama copywriting adalah menulislah seolah - olah kalian berkomunikasi secara langsung dengan audiens (target pasar)", kata Kak Raharja.

Demikianlah tips dan langkah yang dapat dilakukan oleh pemula dalam mengawali karir sebagai seorang copywriter. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menulis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun