Daerah 3T (Terdepan Terpencil, Tertinggal) merupakan daerah yang biasanya ada dipedalaman wilayah indonesia. SD Negeri1 Negeri Kepayungam yang terletak di desa Negeri Kepayungan kecamatan Pubian kabupaten Lampung Tengah provinsi Lampung merupakan salah satu sekolah dasar yang terletah didaerah 3T. dimana sekolah tersebut terdetaksi memiliki akriditasi sekolah C.
kondisi dari bangunan sekolah di SD Negeri 1 Negeri kepayungan sangat miris sekali kurangnya sarana dan prasarana disekolah menyebabkan banyak siswanya kehilangan minat dan semangat untuk belajar disekolah. terlebih pada saat kondisi wabah covid-19 seperti sekarang ini yang mengharuskan siswa belajar dari rumah secara daring.
namun karena banyaknya kendala yang dihadapi yang tidakmemungkinkan untuk dilaksanakan pembelajaran dari rumah sehingga siswa harus pergi kesekolah secara bergantian untuk mendaptka pmblajaran di sekolah walau hanya sebentar. ternyata hal ini sangat berdampak terhadap hasil belajar dan semangat belajar siswa. banyak siswa yang malah memilih bermain atau sekedar menonton televisi dirumah dibandingkan belajar.
dengan melihat fenomena ini pemerintah pun ikut turun tangan dalam membantu guru menyelamatkan pendidikan di tengah wabah covid-19 ini dengan membuat suatu program yang dipeganglangsung olehkementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. program ini bernama program kmpus mengajar dimana pesertanya ialah mahasiswadari seluruhuniversitas yang ada di bawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayaan. program ini berfokus pada pendidikan literasi dan numerisasi dan pendidikan pelajar pancasila pada sekolah dasar, serta membantu sekolah untuk beradaptasi administrasi dan teknologi
Mir'atun Nafiah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan merupakan salah satu mahasiwa yang terpilih menjadi peserta program kampus mengajar angakatan 1 yang ditempatkan di SD Negeri 1 Negeri Kepayungan desa Negeri Kepayungan kecamatan Pubian kabupaten Lampung Tengah provinsi Lampung.
pada pelaksanaan program ini mahasiswa mencoba meningkatkan minat belajar numerisasi siswa dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada disekitar yaitu diantaranya ada kardus bekas baut bekas dan kertas putih. semua bahan bahan ini disulap menjadi media pembelajaran berupa lingkaran rumus matematika yang dapat digunakan siswa kelas 4, 5 dan 6 untuk membantu mengafalkan rumus rumus matematika dengan mudah dan menyenangkan.
media pembelajaran ini terbukti cukup berpengaruh terhadap semngat belajar siswa hal ini dapat dilihat dari sikap belajar siswa yang semkian antusias dan semakin hari semain banyaksiswa yang mengikuti proses pembelajaran. yang biasanya hanya 10 siswa setiap harinya menjadi  lebih dari 15 siswa setiap harii sehingga dibagi menjadi beberapa rombongan belajar untuk memilimalisir kerumunan yang banyak agar dapat mematuhi protokol kesehatan yang sesui dengan anjuran pemerintah.
pada dasarnya keterbatasan fasilitas sekolah bisa diatasi dengan baik apabila pendidikan yang diajarkan terus dikereasikan dan diinovasikan sehingga siswa tidak merasa bosan dan terus menumbuhkan semangat balajar siswa denganhalhal baru yang menyenangkan demi mencetak generasi muda Indonesia unggul dalam berbagai bidang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H