Mohon tunggu...
MIRATUL CHASANAH
MIRATUL CHASANAH Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia

Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Klaibawang, Wonosobo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice dalam Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menelaah Struktur Teks Deskripsi

28 Juli 2023   13:20 Diperbarui: 28 Juli 2023   13:31 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Terkait Pengalaman  terbaik penulis dalam menerapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) dan pemanfaatan media pembelajaran menggunakan wordwall dan mind mapping dalam menelaah teks deskripsi.


Lokasi 

SMP Negeri 3 Kalibawang


Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama (SMP)


Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah teks deskripsi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan media wordwall pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Kalibawang.


Penulis 

Miratul Chasanah, S.Pd.


Tanggal 

26 Juli 2023


Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.


Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Latar belakang masalah dari kegiatan praktik pembelajaran menelaah struktur teks deskripsi yaitu untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik dalam menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca sebagai berikut:

1. Rendahnya motivasi belajar peserta didik

2. Penggunaan model pembelajaran inovatif yang belum optimal.

3. Penggunaan media belajar yang monoton.

 

Alasan Praktik ini Penting untuk Dibagikan

1. Praktik pembelajaran ini sangat penting dibagikan karena beberapa alasan berikut ini.

2. Praktik pembelajaran ini dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

3. Praktik pembelajaran ini dapat memotivasi guru lain dalam mendesain perangkat pembelajaran yang inovatif.

4. Praktik pembelajaran ini dapat menambah referensi dalam membuat media belajar yang lebih menarik.

 

Peran dan Tanggung Jawab Saya dalam Praktik ini

Peran dan tanggung jawab penulis sebagai pendidik yaitu guru yang bertanggung jawab meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik dalam menelaah struktur teks deskripsi. Selain itu penulis juga mendesain pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran menelaah struktur teks deskripsi dengan media wordwall sehingga tujuan belajar dapat tercapai dengan efektif.


Tantangan

Berdasarkan hasil kajian literatur dan wawancara, penyebab dari rendahnya kemampuan peserta didik dalam   menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca sebagai berikut:

1. Rendahnya motivasi belajar peserta didik.

2. Penggunaan model pembelajaran inovatif yang belum optimal.

3. Penggunaan media belajar yang monoton.


Berdasarkan penyebab dari permasalahan rendahnya kemampuan menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca, maka tantangan yang dihadapi guru adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

2. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif.

3. Penggunaan media belajar yang kreatif.


Pihak yang Terlibat

Berdasarkan 3 tantangan yang telah dikemukakan, maka hal ini melibatkan berbagai pihak.

1. Guru

Guru memiliki peran dalam hal kompetensi yang harus dimiliki sebagai pendidik yakni, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional untuk meningkatkan hasil belajar belajar peserta didik dalam menelaah struktur teks deskripsi. Selain itu, teman sejawat juga memberikan masukan mengenai materi dan teknik mengajar yang akan digunakan.

2. Peserta didik

Peserta didik memiliki peran untuk aktif dalam pembelajaran menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca.


Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini


Langkah-langkah yang dilakukan guru untuk menghadapi tantangan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

2. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inovatif dan media belajar yang kreatif serta menarik dalam proses pembelajaran.

3. Proses peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan mencari kajian literatur dan wawancara sehingga mendapatkan ide dalam memberikan motivasi kepada peserta didik.

Pihak yang terlibat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yakni, peserta didik, teman sejawat serta pimpinan.

Sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah beberapa kajian literatur yang mendukung.

4. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif

Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran yang inovatif berdasarkan kebutuhan siswa dan materi menelaah struktur teks deskripsi yakni model problem based learning.

Proses pemilihan model pembelajaran inovatif yakni dengan mempelajari beraneka ragam model pembelajaran melalui kajian literatur dan wawancara sehingga terpilih model pembelajaran yakni model problem based learning.

Pihak yang terlibat dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yakni teman sejawat dan ahli.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model pembelajaran inovatif yakni jaringan internet untuk berselancar menelusuri kajian literatur dan mencari referensi dalam mencari model pembelajaran inovatif.

5. Penggunaan media belajar yang kreatif

Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media belajar yang kreatif berdasarkan kebutuhan siswa yakni media belajar wordwall.

Proses pemilihan media pembelajaran yang kreatif yaitu dengan mempelajari beraneka ragam media melalui kajian literatur dan wawancara sehingga terpilih media wordwall.

Pihak yang terlibat dalam pemilihan media pembelajaran yang kreatif yaitu teman sejawat dan ahli.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan  media pembelajaran yang kreatif yakni jaringan internet untuk menelusuri kajian literatur dan referensi penggunaan media wordwall.


Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut


Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut.

Proses pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatan motivasi belajar peserta didik.

Melibatkan peserta didik secara langsung dan penggunaan media pembelajaran yang kreatif, sehingga peserta didik lebih antusias dan tertarik dengan hal-hal yang ditampilkan.

Penggunaan model PBL bertujuan untuk memacu keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik lebih mandiri dalam proses pembelajaran.

Penggunaan media belajar yang berbasis digital dapat meningkatkan antusias dan fokus peserta didik. Hal ini terjadi karena media wordwall mudah diikuti dan dapat diakses sendiri oleh peserta didik dengan membuka link game melalui perangkat ponsel.

Respon peserta didik terhadap materi menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca sangatlah efektif. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model dan media pembelajaran yang inovatif. Model dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Melalui proses belajar yang menyenangkan menjadikan peserta didik aktif, sehingga terjadi peningkatan dalam hasil belajar menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca.

Faktor keberhasilan pembelajaran menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca juga ditentukan oleh kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam melakukan pengelolaan kelas, meliputi penggunaan model yang inovatif dan media yang kreatif.

Penciptaan proses belajar yang menyenangkan dan peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. peran teman sejawat juga menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan pembelajaran ini, terutama dalam proses pemberian masukan mengenai materi dan teknik mengajar yang akan digunakan. Selain itu peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan model dan media yang tepat.

Dengan demikian, secara keseluruhan proses

pembelajaran tentang menelaah struktur teks deskripsi yang dibaca berhasil dilaksanakan dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun