Copywriting merupakan sebuah seni menulis yang bertujuan untuk menarik perhatian, seperti teks iklan. Copywriting tidak hanya sebatas tulisan biasa saja. Ada teknik yang perlu diketahui sebelum menulis copywriting agar teks bisa efektif dan menarik di mata audiens.
Yuk kenalan dengan teknik copywriting AIDA, PAS, dan FAB.
Mengenal Formula AIDA, PAS, dan FEB dalam Copywriting
AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)
AIDA merupakan formula copywriting sederhana yang bertujuan memengaruhi konsumen melalui beberapa tahap.
- Attention (Perhatian): buatlah konsumen tertarik atau penasaran dengan judul copywriting anda.
- Interest (Minat): sajikan infomasi yang dapat memunculkan minat konsumen.
- Desire (Keinginan): buatlah konsumen ingin memiliki produk maupun jasa yang anda tawarkan.
- Action (Tindakan): buatlah konsumen agar bertindak seperti melakukan pembelian produk atau berlangganan.
Contoh formula AIDA pada brand wardah beauty:
PAS (Problem, Agitate, Solution)
PAS adalah formula dalam copywriting yang berfokus memberikan solusi kepada konsumen.
- Problem (Masalah): kenali masalah yang dialami oleh konsumen.
- Agitate (Agitasi): buatlah seolah-olah masalah yang dirasakan oleh audiens sangat penting.
- Solution (Solusi): memberikan solusi kepada audiens dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
Contoh formula PAS pada brand Gojek:
FAB (Features, Advantages, Benefits)