Copywriting merupakan sebuah tulisan yang berisi ajakan untuk bertindak yang biasa ditemukan dalam promosi. Tidak sebatas kata-kata saja, copywriting harus memperhatikan bebagai hal, terutama unsur-unsurnya.Â
Yuk kenali unsur-unsur copywriting berikut ini agar tulisan iklan anda lebih baik dan menarik bagi konsumen.Â
Unsur-unsur Copywriting yang Wajib Diketahui
1. Headline yang menarik:Â headline harus menarik dan menimbulkan rasa penasaran karena hal itu yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Ketika bagian ini kurang menarik, maka jangan harap copywriting anda akan dibaca sampai selesai. Anda bisa memasukkan pertanyaan dalam headline, hal tersebut dapat menimbulkan rasa penasaran.Â
2. Body copy yang persuasif: body copy adalah inti dari sebuah copywriting yang tidak bisa disepelekan. Pada bagian ini gunakan bahasa yang mudah dipahami dan fokus pada inti produk atau jasa yang ditawarkan. Bisa juga dengan menghadirkan sebuah fakta yang relevan dengan produk atau jasa anda. Selain itu, memasukkan cerita singkat pada bagian ini juga dapat menarik bagi pembaca.Â
3. Call to Action (CTA):Â bagian ini merupakan penutup dalam copywriting yang berisi ajakan untuk melakukan tindakan seperti "beli sekarang" atau "hubungi kami."Â
4. Visual yang menarik:Â copywriting tidak hanya tentang tulisan saja, harus ada pendukung berupa gambar. Adapun gambar yang ditampilkan yaitu gambar produk atau jasa yang anda tawarkan. Jangan terlalu banyak menggunakan gambar, cukup 1-3 (sesuai kebutuhan).Â
5. Tone of voice yang konsisten:Â setiap copywriting harus mencerminkan identitas brand anda agar konsumen bisa mudah mengenalinya.Â
Memahami dan menerapkan unsur-unsur dalam copywriting sangatlah penting dalam melakukan promosi. Copywriting yang efektif dapat menembus hati konsumen. Ingin dibantu membuat copywriting? DIPDOP hadir membantu anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H