Mohon tunggu...
Mirasari
Mirasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Writer

Content Writer| Copywriter

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Copywriting, Definisi dan Seberapa Penting dalam Pemasaran

28 Oktober 2024   07:07 Diperbarui: 28 Oktober 2024   07:55 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pexels.com

Definisi Copywriting

Copywriting merupakan suatu teknik menulis yang digunakan dalam pemasaran yang bertujuan untuk menarik konsumen atau biasa dikenal dengan sebutan teks iklan. Meskipun hanya berupa kata-kata, akan tetapi copywriting mampu membuat orang melakukan tindakan, seperti melakukan pembelian atas suatu produk. Sederhananya, sebuah brand menggunakan copywriting dalam menjangkau dan menarik konsumen.

Seberapa Penting Copywriting dalam Pemasaran? 

Copywriting sangat penting dalam pemasaran karena tulisan dapat menjembatani sebuah brand dengan konsumen. Ada beberapa alasan mengapa sangat penting dalam pemasaran, sebagai berikut.  

1. Copywriting Mampu Meningkatkan Penjualan

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah tulisan yang tepat dapat membuat orang tertarik terhadap sesuatu. Seperti pada iklan suatu produk, ketika copywriting tepat dan menarik maka akan berdampak terhadap tingkat penjualan. Konsumen cenderung mudah terpikat dengan tulisan yang menarik. Tidak heran jika teks iklan yang menarik dan tepat akan meningkatkan penjualan. 

 

2. Copywriting Dapat Membangun Merek 

Selain meningkatkan penjualan, copywriting juga dapat membangun sebuah brand. Seperti tagline brand Tolak Angin "Orang Pintar Minum Tolak Angin" telah berhasil mengubah sudut pandang konsumen terkait jamu yang kuno dan kampungan. Copywriting yang konsisten dapat membangun merek suatu brand. Selain itu, memilih kata yang tepat juga sangat penting. 

3. Copywriting Bisa Meningkatkan Engagement

Copywriting juga bisa meningkatkan engagement sebuah brand. Seorang copywriter harus kreatif dalam menciptakan teks iklan. Teks iklan yang mengandung unsur kreativitas akan mendorong konsumen ikut andil dalam konten sebuah brand. Contoh sederhananya seperti mengajak konsumen untuk like dan share sebuah postingan di media sosial untuk mendapatkan satu produk. 

Copywriting tidak hanya sekadar sebuah teks, akan tetapi senjata yang bisa digunakan untuk menjangkau dan menarik konsumen. Jika brand anda butuh jasa pembuatan teks iklan, PT. DIPDOP Universe Corp hadir  membantu anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun