Mohon tunggu...
Mimin Rukmini
Mimin Rukmini Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi STAI Riyadhul Jannah Subang

"Jika kita tidak bisa sekuat hujan yang menyatukan bumi dan langit, maka jadilah selembut doa yang menyatukan takdir dan harapan" Syukurilah!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam: Membangun Karakter Islami Peserta Didik

23 Oktober 2023   08:09 Diperbarui: 23 Oktober 2023   08:31 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo Sahabat Kompasiana!! 

Mari kita lanjutkan pembahasan kita kali ini masih seputar "EVALUASI" kali ini saya membawakan judul Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam: Membangun Karakter Islami Peserta Didik 

YUKK SIMAKK!! 

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam pembentukan karakter Islami peserta didik. Seiring dengan perubahan zaman, evaluasi program PAI menjadi krusial dalam memastikan bahwa pendidikan agama mampu memenuhi tuntutan modern dan mendukung perkembangan karakter Islami yang kuat. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya evaluasi program PAI dalam upaya meningkatkan karakter Islami peserta didik.

Mengapa Karakter Islami Penting?

Karakter Islami mencakup nilai-nilai seperti kejujuran, integritas, empati, kerendahan hati, dan toleransi. Ini adalah landasan moral yang esensial dalam Islam dan juga berkontribusi positif pada pembentukan pribadi yang baik dalam masyarakat. Karakter Islami membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, serta menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan warga negara yang baik.

Berikut ini beberapa Evaluasi Program PAI sebagai Alat Meningkatkan Karakter Islami :

1. Asesmen Komprehensif: Evaluasi program PAI yang efektif harus mencakup beragam aspek, termasuk kurikulum, metode pengajaran, bahan ajar, dan pelatihan guru. Ini memungkinkan identifikasi kekuatan dan kelemahan program yang memengaruhi pembentukan karakter Islami peserta didik.

2. Pengukuran Pencapaian: Evaluasi harus mengukur pencapaian nyata dalam pembentukan karakter Islami. Ini termasuk penilaian nilai-nilai, perilaku, dan sikap peserta didik, seperti kejujuran, toleransi, dan kerendahan hati.

3. Keterlibatan Orang Tua dan Komunitas: Program PAI yang efektif memerlukan kolaborasi dengan orang tua dan komunitas. Evaluasi dapat memantau keterlibatan mereka dan mendukung upaya bersama dalam mendidik peserta didik.

4. Revisi dan Perbaikan: Hasil evaluasi harus digunakan untuk merancang perbaikan program PAI. Ini termasuk perubahan kurikulum, peningkatan metode pengajaran, dan peningkatan pelatihan guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun