Mohon tunggu...
Muhamad Ilham Fauzan
Muhamad Ilham Fauzan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Mercubuana

41421120050 - Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - Mata Kuliah Kewirausahaan 1

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Diskursus Forter's Generic Strategic pada Proposal Bisnis

5 Oktober 2023   22:16 Diperbarui: 5 Oktober 2023   22:25 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

I. Tujuan dan Latar Belakang Bisnis

Ayam merupakan hewan yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai macam jenis makanan dengan berbahan dasar ayam telah banyak dibuat seperti ayam goreng, ayam geprek, ayam crispy dll. Oleh karena itu kebutuhan pasar akan ayam potong juga semakin banyak maka kami berpikir untuk membuat sebuah peternakan ayam potong yang dapat memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia.

II. Target Pasar

Dilihat dari banyaknya restoran yang menjamur. Maka kami menargetkan untuk berfokus menjual ke restoran walaupun ada sebagian ayam yang dijual ke pembeli satuan. Kami menargetkan restoran sebagai fokus utama kami karena adanya pembelian berulang yang akan terjadi demi memenuhi kebutuhan stok ayam potong dan jumlah pembelian yang banyak.

III. Bisnis Strategi

      1. Tempat Usaha

Tempat usaha yang cocok untuk usaha peternakan ayam potong ini harus berada di lahan yang luas dan jauh dari masayarakat. Hal tersebut dikarenakan jumlah ayam yang akan dipelihara tentunya tidak sedikit dan limbah kotoran ayam tersebut akan menyababkan bau tidak sedap yang menyengat. 

Namun untuk tempat penjualan kami akan bertempat di pasar tradisional dan sebuah kantor. Hal tersebut karena agar mudah diakses oleh pelanggan baik itu yang membeli satuan atau partai besar. Tempat usaha tersebut diberi nama berbeda agar terkesan seperti perusahaan yang berbeda yang bersaing. Tempat penjualan yang berada di kantor agar memberikan kesan perusahaan terpercaya.

      2. Promosi

Promosi akan dilakukan untuk dengan cara memasang iklan di sosmed untuk menjakau masayarakat umum. Selain hal tersebut promosi akan dilakukan dengan menyebar proposal penawaran kerja sama ke setiap restoran. Hal itu dilakukan demi meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk membeli ayam potong di tempat usaha kami.

      3. Perincian Biaya

1. Biaya tempat peternakan: Rp. 300.000.000

2. Biaya promosi: Rp. 10.000.000

3. Biaya operasional per bulan: Rp. 50.000.000

4. Biaya tempat penjualan: Rp.150.000.000

Total biaya: Rp. 410.000.000

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun