Mohon tunggu...
mila putri
mila putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi:menyanyi dan healing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Lev Vygotsky dan Piaget tentang perkembangan sosial dan kognetif

18 Januari 2025   07:17 Diperbarui: 18 Januari 2025   07:17 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

3). Teori Lev Vygotsky dan Piaget tentang perkembangan sosial dan kognetif

Berikut adalah ringkasan teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif:


a. Teori Lev Vygotsky (1896-1934)
•Konstruktivisme Sosial : Vygotsky percaya bahwa pengetahuan dibangun melalui interaksi sosial dan linguistik.
•Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) : ZPD adalah rentang kemampuan yang dapat dicapai anak dengan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman.
•Peran Bahasa : Bahasa memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif dan sosial.

•Kolaborasi dan Scaffoldin : Anak belajar lebih baik dengan kolaborasi dan bantuan orang lain.
•Perkembangan Sosial : Vygotsky percaya bahwa perkembangan sosial mempengaruhi perkembangan kognitif.

b. Teori Jean Piaget (1896-1980)
•Konstruktivisme :Piaget percaya bahwa anak membangun pengetahuan melalui pengalaman dan eksplorasi.
•Tahap Perkembangan Kognitif : Piaget mengidentifikasi empat tahap perkembangan kognitif:
- Sensorimotor (0-2 tahun)
- Pra-operasional (2-7 tahun)
- Operasional konkret (7-11 tahun)
- Operasional formal (11 tahun ke atas)
1. Skema dan Adaptasi : Anak membangun skema (konsep) dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
2. Asimilasi dan Akomodasi :Anak mengasimilasi informasi baru dan mengakomodasi perubahan.
3. Perkembangan Sosial :Piaget percaya bahwa perkembangan sosial mempengaruhi perkembangan kognitif melalui interaksi dengan orang lain.

# Perbandingan
1. Kedua teori menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan kognitif.
2. Vygotsky lebih menekankan peran bahasa dan kolaborasi, sedangkan Piaget menekankan pengalaman dan eksplorasi individu.
3. Vygotsky fokus pada ZPD, sedangkan Piaget fokus pada tahap perkembangan kognitif.

# Implikasi Pendidikan
1. Menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dan diskusi.
2. Menyediakan kesempatan eksplorasi dan pengalaman langsung.
3. Menggunakan bahasa sebagai alat pembelajaran.
4. Menyesuaikan instruksi dengan tahap perkembangan anak.
5. Mendorong anak untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah.

Kedua teori ini memberikan kontribusi signifikan pada pemahaman perkembangan sosial dan kognitif anak, dan masih dipakai sebagai acuan dalam pendidikan dan psikologi anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun