MAHASISWA PMM 88 UMM PERLUAS PEMASARAN PRODUK UMKM DENGAN E-COMMERCE
Oleh : PMM Kelompok 88 Gelombang 7 Universitas Muhammadiyah Malang
Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yaitu kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang baik secara perorangan maupun berkelompok. Program yang dilakukan ini tentu memiliki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai peraturan dari Universitas Muhammadiyah Malang.
Salah satunya Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa dengan tema Bhaktimu Negeri ini dilakukan oleh Kelompok 88 Gelombang 7. Mahasiswa dari Teknik Industri yang beranggotakan 5 orang yaitu Milad Habiburrohman sebagai Ketua/ Koordinator dari Kelompok ini, dan 4 anggota lain yang bernama Biyan Satria Tabriez, M.Alfian Hidayat, Fais Hamzah Haekal, M.Rifky Fadly. Tentunya bimbingan dari Bapak Faris Rizal Andardi, ST., MT., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Pelaksanaan kegiatan PMM ini dilakukan selama kurun waktu sebulan, sedari tanggal 22 Agustus 2022 – 22 September 2022. Tepatnya berlokasi di Desa Sumbersuko Kec. Dampit, Kab. Malang, Jawa Timur 65181.
Perkembangan teknologi informasi sekarang sudah merambah keseluruh manusia. Tentunya peran teknologi informasi ini juga berpengaruh terhadap para pelaku bisnis terutama pelaku UMKM. UMKM itu sendiri adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah, secara mendalam UMKM yaitu usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan ataupun badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.
Semakin majunya zaman, persaingan bisnis juga semakin ketat di era globalisasi ini yang menuntut para pelaku bisnis harus bisa menyusun strategi dan taktik bisnisnya agar tidak gulung tikar. Kelompok 88 yang di Koordinatori oleh Milad Habiburrohman melakukan survei kebeberapa  pelaku UMKM di Desa Sumbersuko dan masih banyak ditemui pelaku usaha ini belum mengerti sama sekali tentang bagaimana memasarkan dan menjual produk melalui teknologi informasi yang biasa disebut dengan E-commerce. Penguasaan teknologi warga Desa Sumbersuko masih rendah dan ada keengganan untuk mengoptimalkan penggunaan E-commerce dalam usaha mereka. E-commerce yang akan digunakan oleh Kelompok 88 untuk membantu para pelaku UMKM  di Desa Sumbersuko adalah E-Commerce Shopee.
Mahasiwa PMM 88 UMM memperluas pemasaran produk UMKM dengan E-Commerce di Desa Sumbersuko. Kelompok 88Â memperluas pemasaran dengan menggunakan E-Commerce Shopee sebagai platfrom belanja online se- Asia Tenggara dan Taiwan. Aplikasi ini dapat disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman dan cepat bagi para pengguna. Dengan memanfaatkan aplikasi Shopee dalam operasional usaha, UMKM di Desa Sumbersuko akan mendapatkan akses pasar yang lebih luas dan berpeluang mendapatkan atau menarik pelanggan baru. Dalam e-commerce Shopee para pelanggan atau calon pelanggan dapat lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara online (lewat internet).
Mengembangkan e-commerce di aplikasi Shopee sebenarnya tidak sulit, bisa dimulai dari hal yang kecil, antara lain dengan belajar menggunakan computer, hp dan internet, memiliki kartu alamat yang ada emailnya, dan mempromosikan produk dari usaha tersebut. Dengan melakukan pemasaran dan penjualan di Shopee perlu dilakukan juga peningkatan produk, salah satunya mengupgrade kemasan produk yang dijual agar lebih menarik.