Mohon tunggu...
Mila Santika
Mila Santika Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pentingnya Visi dan Misi Dalam Organisasi

5 Agustus 2018   09:41 Diperbarui: 5 Agustus 2018   13:24 21654
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
/www.sbcsustainable.com

Dalam sebuah organisasi atau suatu lembaga, adanya visi dan misi merupakan hal yang penting dalam usaha untuk menjalankan seluruh kegiatan dalam organisasi atau lembaga tersebut. Setiap organisasi memiliki visi dan misi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh masing-masing organisasi tersebut.

Karena visi dan misi akan menjadi landasan dasar bagi organisasi, maka biasanya visi dan misi diciptakan saat organisasi sedang akan dibangun. Oleh karena itu, visi dan misi memiliki peranan penting bagi berjalannya sebuah organisasi.

Pengertian Visi dan Misi

Menurut Wibisono (2006: 43), visi adalah serangkaian kata-kata yang mengungkapkan impian, cita-cita, rencana, harapan sebuah perkumpulan, perusahaan atau organisasi yang ingin dicapai di masa mendatang. Visi juga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sangat diperlukan oleh organisasi untuk menjamin kesuksesan organisasi atau perusahaan dalam jangka panjang.

Menurut Wheelen (dikutip oleh Wibisono, 2006: 46-47) misi adalah untaian kalimat yang berisi tujuan dan alasan keberadaan suatu perusahaan atau organisasi yang berisi apa yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi kepada masyarakat, berupa produk dan jasa. Misi dapat digunakan sebagai petunjuk arah dalam dunia bisnis saat ini. Dimana tujuan dari dibentuknya suatu misi adalah untuk menyampaikan kepada stakeholder, baik dalam maupun luar organisasi, mengenai latar belakang berdirinya perusahaan atau organisasi, arah serta tujuan perusahaan atau organisasi.

Ciri-ciri Visi dan Misi yang baik

  • Singkat sehingga mudah diingat dan dipahami oleh orang lain.
  • Visi dan misi harus mampu menyentuh emosi dan menjadi tumpuan bagi orang lain, karena setiap orang memiliki aspek emosi, nalar dan perilaku yang berbeda.
  • Konsep visi dan misi harus sederhana dan padat sehingga orang yang sederhanapun tidak mengalami kesulitan untuk memahaminya.
  • Selain itu, visi dan misi yang dibentuk harus mudah untuk diingat dan karenanya harus menimbulkan gambaran mental.

Manfaat Visi dan Misi

Manfaat Visi

Menumbuhkan standar kerja yang prima. Karena apabila seorang karyawan memahami bahwa dia bekerja untuk suatu tujuan yang sangat mulia, maka dia akan bekerja penuh semangat dan meletakkan standar prima untuk setiap pekerjaannya.

Menumbuhkan rasa kebermaknaan. Karena salah satu tempat untuk karyawan dalam mencari makna kehidupan adalah lingkungan pekerjaannya.

Menumbuhkan komitmen dan semangat kerja karyawan. Karena karyawan tidak akan bekerja dengan penuh antusias apabila dia tidak mengetahui untuk apa dia bekerja. Namun, jika dia mengetahui apa saja kontribusi perusahaan kepada masyarakat dia akan termotivasi bahwa dia bekerja tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun