Mohon tunggu...
Mikha Azarya
Mikha Azarya Mohon Tunggu... Lainnya - Pria, 20 tahun.

Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta,

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Refleksi Perkuliahan Penulisan Naskah Digital

16 Desember 2020   23:49 Diperbarui: 17 Desember 2020   00:38 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Selama satu semester mengikuti mata kuliah penulisan naskah digital, saya merasa ini adalah hal baru bagi saya. Saya pribadi memang senang dan ingin berkecimpung di dunia copywriting, sehingga mata kuliah ini sangat berguna untuk bekal saya. Terlebih, dalam ranah penulisan digital, ternyata banyak yang harus diperhatikan diluar sepengetahuan dari nalar dan logika saya.

Buku-buku yang disediakan juga sangat membantu dan sesuai dengan materi yang dibutuhkan. Dalam mata kuliah ini juga, pembelajaran dilakukan dengan praktik secara langsung sehingga saya menjadi lebih berani untuk mempublikasikan tulisan saya.

Sebelumnya, saya merasa tidak percaya diri dengan tulisan yang saya buat, namun karena keharusan untuk mulai mengunggah di kompasiana, saya mulai berani untuk mempublikasikan tulisan saya meskipun belum banyak orang yang membaca.

Materi penting yang menurut saya sangat berguna lainnya adalah materi terkait pembuatan press release. Ini karena berkaitan secara langsung dengan konsentrasi studi saya yaitu komunikasi strategis. Jika nantinya saya bekerja atau internship di sebuah perusahaan, menurut saya ini dapat menjadi bekal yang baik.

Dalam satu semester ini, saya mengunggah 6 artikel di Kompasiana dengan total 144 viewers. Selain itu, saya juga membuat surat pembaca dan menulis opini. Saya juga sudah mengirimkan surat pembaca saya ke detik.com, namun surat pembaca saya yang saya buat belum terpilih.

Nilai yang saya harapkan adalah nilai A. Harapan saya didasari oleh kegiatan saya selama perkuliahan Penulisan Naskah Digital selama ini, saya selalu mengerjakan tugas-tugas, aktif dalam kelompok, dan juga mengikuti perkuliahan hingga akhir. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun