Nama dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
NIM : 43221010134
Nama : Mike Angel Lica
Universitas Mercubuana
Komunikasi yang efektif adalah pertukaran informasi,idea atau  perasaaan sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara penerima pesan dan pengirim pesan.
Cara agar mengimplemepntasikan komunikasi yang efektif sebagai berikut:
- Mau mendengarkan lawan bicara
- Didalam berkomunikasi kita harus mau mendengarkan lawan bicara kita,karna komunikasi bersifat dua arah.Jika kita tidak mau mendengarkan lawan bicara kita.Kita akan di anggap egois karna hanya mau di dengar tetapi tidak mau mendengarkan orang lain.
- Memberikan informasi dengan jelas.Informasi yang ingin kita berikan harus jelas,karena jika tidak akan menimbulkan konflik atau kesalah pahaman karena telah menerima informasi yang salah,ketika kita disuruh memberikan informasi pastikan bahwa kita mengerti informasi tersebut agar menyampaikannya tidak salah.Karena hal tersebut bisa menimbulkan kesalahpahaman dan konflik pada pihak lain.
- Mengajukan Pertanyaan.Komunikasi yang efektif juga memerlukan respon (tanggapan) dari  pihak lain,dengan mengajukan pertanyaan,kita juga dianggap sebagai pendengar yang baik karena  mendengarkan apa yang lawan bicara kita sampaikan.
Hal yang harus diperhatian dalam menciptakan komunikasi yang efektif  sebagai berikut :
Â
- Tidak Memopotong Pembicaraan Seseorang.Komunikasi  dapat terjadi,dengan tidak memotong pembicaraaan seseorang. Tidak ada seorang pun senang ketika mereka sedang berbicara lalu orang lain mencoba memotongnya.Hal itu bisa membuat kita dinilai sangat tidak sopan dan memberikan kesan yang negative orang lain kepada anda ,sehingga mereka nantinya akan malas berbicara kepada kita.Selain itu di saat berkomunikasi ada saatny akita menjadi pendengar,ketika lawan bicara kita membutuhkan teman bicara,namu ada saatnya juga kita memberikan tanggapan pada lawan bicara kita ketika lawan bicaranya meminta tanggapan.
- Memperhatikan Gaya Bahasa.Hal ini juga penting karena dengan memperhatikan gaya bahasa kita bisa menyesuaikan dengan siapa lawan bicara anda saat itu.Ada saatnya kita menggunakan bahasa yang sifatnya  formal jika berbicara pada atasan atau ornag yang lebih tua dari kita.Namun,tidak masalah berbicara informal pada teman,keluarga ,atau pasangan.
- Menguasai Materi
Pastikan sebelum komunikasi anda menguasai materi yang nanti ingin dibicarakan.Sehingga terjadi kesinambungan antara anda dan lawan bicara.Dengan begitu komunikasi akan mudah berjalan dengan lancer,jika bisa menguasai atau memahami topic pembicaraan dan merespon nya dengan baik.
Dengan menguasai pembicaraan akan lebih mudah ketika anda ingin memberikan pendapat,jangan sampai anda atau lawan bicara anda berbicara keluar konteks yang akhirnya tidak nyambung dan bisa menjadi kurang nyaman ketika berkomununikasi.
- Melontarkan Topik Menarik
Pentingnya memberikan topiok-topik yang menarik,karena topic yang menarik akan membuat seseorang merasa nyaman dan terhubung dengan hal yang ingin kita sampaikan.Dengan topic yang menarik akan mmembuat seseorang yang sedang berinteraksi dengan kita merasa lebih dekat satu sama lain karena memiliki topic yang enak atau menarik  untuk di bahas.
- Jangan Lupa Untuk Tersenyum
Senyum yang kita berikan kepada lawan bicara kita ialah saah satu kunci keberhasilan didalam komunikasi yang efektif.Karena dengan tersenyum akan membuat kesan bahwa seseorang ingin kenal lebih dengan lawan bicaranya.
Tujuan Komunikasi Efektif bagi kita.Inilah beberapa tujuan dalam hal komunikasi yang efektif: