Mohon tunggu...
Mohamad Ihya
Mohamad Ihya Mohon Tunggu... -

Just Life Once

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan

27 Agustus 2014   05:31 Diperbarui: 18 Juni 2015   02:25 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PENDIDIKAN MASA KINI

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara.Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi  yang baik sehingga akan berdampak bagi negara dan bangsa yang lebih maju. Setiap negara menyelenggarakan pendidikan sebagai upaya untuk membangun bangsa.

Seperti di zaman yang modern seperti sekarang ini, pendidikan haruslah menjadi nomor satu, tetapi walaupun begitu masih ada saja anak yang masih tidak mendapatkan pendidikan. Sekarang di Indonesia ini, seorang anak harus dapat berpendidikan minimal 12 tahun atau sampai sekolah menengah atas. Pada tingkat Sekolah Dasar (SD) saja sekarang ini yang namanya Ujian Negara (UN) sudah digantikan menjadi Ujian Sekolah (US). Sementara di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) ujian negara/ujian nasional masih tetap ada.

Disini saya ingin memberikan pengalaman saya pada saat saya masih berada di SMK. Waktu saya pertama kali masuk SMK saya mengambil kejuruan Multimedia, karena ketertarikan saya dengan ilmu komputer. Saat masih kelas X semua masih biasa biasa saja, hingga sampai dimasa memasuki kelas XI. Disitu yang namanya murid sudah mulai disibukkan dengan banyaknya tugas. Seperti Praktik Kerja Industri (Prakerin/PSG/PKL), saya menjalani masa bekerja itu selama sebulan, mungkin terbilang sebentar karena jika disekolah lain minimal itu adalah dua bulan. Dan setelah menjalani PKL itu murid harus membuat laporan dan harus mempresentasikan hasil kerjanya selama dia bekerja.

Dan tibalah masa dimana masa yang sangat menegangkan bagi saya, yaitu dikelas XII. Baru kegiatan belajar saja saya sudah disibukkan dengan banyak tugas, dan dibebankan untuk belajar lebih giat guna bisa melewati yang namanya UN. Pada waktu sebelum UN saja, disekolah saya ada yang namanya Uji Kompetensi, yaitu ujian untuk kejuruan yang dipilih. Setelah ujian itu terlewati saya harus kembali bertemu dengan ujian-ujian lainnya, seperti ujian praktik, ujian sekolah dan ujian nasional. Pada saat Ujian Nasional semua murid selalu tegang tidak tahu kenapa, padahal itu cuma ujian hehe.

Jadi intinya pendidikan yang sekarang itu sudah lebih bagus dan berkembang dari yang dulu, kalau di SMK murid pernah merasakan bagaimana dunia kerja dengan secara langsung, tapi tidak tau kalau di SMA. Terus di kurikulum 2014 ini, bukan hanya murid saja yang diwajibkan harus mempunyai laptop, seorang guru juga harus memilikinya untuk mengajar. Jadi teknologi juga sekarang sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari, sungguh luar biasa memang.

Ya mungkin itu saja deskripsi yang saya buat tentang “Pendidikan Masa Kini”, saya berharap semoga perkembangan pendidikan di negara kita Indonesia ini menjadi lebih baik lagi dan mudah-mudahan semua anak juga bisa mendapatkan pendidikan yang mereka mau demi cita-citanya.  Tetap berusaha dan jangan lupa berdoa, semangat terus demi pendidikan!.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun