Mohon tunggu...
mifttaa mifta
mifttaa mifta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya memasak dan kuliner Kepribadian suka menghabiskan waktu di Rumah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pilar Penting dalam Meningkatkan Literasi Siswa di SD Muhammadiyah 16 Karangasem

24 Juli 2024   00:30 Diperbarui: 24 Juli 2024   00:31 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ruang perpustakaan/dokpri

Perpustakaan merupakan jantung dari sebuah sekolah. Di SD Muhammadiyah 16 Karangasem, perpustakaan bukan hanya sekadar tempat untuk meminjam buku, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran yang mendukung peningkatan literasi siswa. Manajemen perpustakaan yang baik menjadi kunci utama dalam memastikan fungsinya berjalan optimal.

Pertama, perpustakaan harus dikelola dengan sistem yang terorganisir. Ini meliputi pengelolaan koleksi buku yang mencakup katalogisasi, klasifikasi, dan inventarisasi. Sistem katalog yang terkomputerisasi akan mempermudah siswa dan guru dalam mencari buku yang dibutuhkan. Selain itu, penataan buku yang sesuai dengan kategori dan tema juga membantu memudahkan pencarian.

Kedua, perpustakaan harus menyediakan berbagai jenis buku yang sesuai dengan kurikulum dan minat siswa. Buku-buku referensi, fiksi, non-fiksi, dan bahan bacaan lainnya harus tersedia dalam jumlah yang memadai. Pengadaan buku baru secara berkala juga penting untuk memastikan bahwa koleksi perpustakaan selalu up-to-date dan relevan dengan perkembangan zaman.

Ketiga, perpustakaan harus menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa. Desain interior yang menarik, pencahayaan yang memadai, dan tempat duduk yang nyaman akan membuat siswa betah berada di perpustakaan. Selain itu, ruang baca yang tenang dan kondusif sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang baik.

Keempat, perpustakaan harus aktif dalam mengadakan program-program literasi. Kegiatan seperti storytelling, book club, dan lomba membaca dapat meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, perpustakaan juga dapat bekerja sama dengan guru untuk mengintegrasikan literasi dalam pembelajaran sehari-hari. Misalnya, dengan mengadakan proyek-proyek yang melibatkan penggunaan buku-buku perpustakaan sebagai sumber referensi.

Kelima, peran pustakawan sangat penting dalam manajemen perpustakaan. Pustakawan harus memiliki kemampuan manajerial dan pengetahuan yang cukup tentang literatur anak-anak. Mereka harus mampu memberikan rekomendasi buku yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, serta mampu membantu siswa dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

Terakhir, keterlibatan orang tua dan komunitas juga penting dalam mendukung perpustakaan sekolah. Orang tua dapat berkontribusi dengan mendonasikan buku-buku yang bermanfaat atau ikut serta dalam kegiatan-kegiatan literasi. Sementara itu, kerja sama dengan perpustakaan umum atau lembaga literasi lainnya dapat memperkaya program dan koleksi perpustakaan.

Dengan manajemen yang baik, perpustakaan di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dapat menjadi pilar penting dalam meningkatkan literasi siswa. Perpustakaan yang terorganisir, nyaman, dan penuh dengan program literasi akan membantu menciptakan generasi yang gemar membaca dan berpengetahuan luas. Ini adalah investasi jangka panjang yang akan membawa dampak positif bagi masa depan siswa dan masyarakat secara keseluruhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun