Mohon tunggu...
Miftakhul Huda
Miftakhul Huda Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas alma ata

seorang student yang menyukai sebuah eksperiment economics.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Esensi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Merek atau Organisasi dan Pribadi

9 November 2021   22:20 Diperbarui: 9 November 2021   22:28 515
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Esensi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Merek atau Organisasi dan Pribadi

Komunikasi digital sangat penting untuk branding di lanskap internet saat ini. Sebelum era digital, profesional komunikasi harus menavigasi media cetak, TV, radio, dan iklan papan reklame. Meskipun saluran tersebut masih penting, para profesional saat ini harus berpengalaman dalam platform digital, seperti jejaring sosial, email, aplikasi perpesanan, dan blog.

Menurut Komisi Broadband UNESCO untuk Pembangunan Berkelanjutan, mayoritas penduduk dunia sekarang memiliki akses ke internet, dan persentase itu terus bertambah. Pada tahun 2019, 54,8% dari semua rumah tangga global memiliki akses internet, dan merek menggandakan strategi untuk terlibat dengan pengguna tersebut. Harvard Business Review menemukan bahwa 73% konsumen menggunakan lebih dari satu saluran saat meneliti pembelian potensial. Dan Seagate melaporkan bahwa dua pertiga CEO akan menggunakan strategi digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan tahun ini.

Seperti yang ditulis oleh penulis David Meerman Scott dalam The New Rules of Marketing and PR, “Alih-alih interupsi satu arah, pemasaran web adalah tentang memberikan konten yang bermanfaat pada saat yang tepat ketika pembeli membutuhkannya.”

Untuk berhasil dalam komunikasi digital, pemasar, perwakilan hubungan masyarakat, dan manajer komunitas memerlukan alat dan teknik untuk terhubung dengan konsumen di seluruh titik kontak. Dengan sumber daya yang tepat, profesional komunikasi dapat membuat kampanye strategis yang menjangkau audiens target dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi.

Berikut adalah platform dan strategi komunikasi digital penting untuk meningkatkan merek organisasi dan pribadi.

Memahami Definisi Komunikasi Digital

Untuk memulai, mari kita tentukan definisi komunikasi digital: Komunikasi digital adalah proses terhubung dengan orang-orang melalui saluran online. Ini mungkin melibatkan peluncuran kampanye media sosial, mendistribusikan buletin email, menjalankan iklan spanduk, atau menerbitkan artikel iklan asli. Bisnis dapat menggunakan komunikasi digital untuk memperluas jangkauan mereka, berbagi pesan khusus, dan membangun hubungan yang berharga dengan audiens mereka.

Seperti yang dikatakan pendiri eBay, Pierre Omidyar kepada Bloomberg Businessweek, "Kami memiliki teknologi, akhirnya, yang untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia memungkinkan orang untuk benar-benar mempertahankan koneksi yang kaya dengan jumlah orang yang jauh lebih banyak."

Bisnis dapat meluncurkan kampanye komunikasi digital karena berbagai alasan:

  • Membangun merekBisnis dapat membuat citra merek untuk perusahaan rintisan atau mengubah citra merek untuk organisasi warisan yang berputar ke arah yang baru.
  • Membangkitkan kesadaran: Perusahaan dapat membuat jaring lebar untuk memberi tahu calon pelanggan tentang produk, layanan, dan nilai.
  • Mendorong konversi: Kampanye dapat menginspirasi pelanggan untuk berpindah melalui saluran pemasaran dan membeli produk, baik secara online atau di lokasi fisik.
  • Menciptakan pengalaman pelanggan: Kampanye dapat disesuaikan untuk membangun pengalaman unik dan afinitas merek melalui kampanye sosial yang ditargetkan, aplikasi perpesanan satu lawan satu, atau video streaming langsung.
  • Memberikan layanan pelanggan: Manajer komunitas dapat menjawab pertanyaan waktu nyata untuk memecahkan masalah atau menindaklanjuti dengan pelanggan yang puas untuk bekerja lebih keras.
  • Mengelola risiko: Bisnis dapat melakukan pengendalian kerusakan dengan membangun afinitas merek dan meningkatkan reputasi merek setelah kecelakaan.
  • Memberikan hiburan: Pemasar dapat memberikan lebih banyak konten yang mereka nikmati kepada pemirsa, seperti serial video yang menarik atau artikel lucu.
  • Mendidik konsumen: Perusahaan dapat mengatasi masalah pelanggan dan membantu mereka meningkatkan kehidupan mereka melalui konten digital yang informatif.

Jangkau Pemirsa Melalui Email

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun