Salah satu bentuk promosi yang dikenal banyak orang dan juga paling banyak dibahas adalah iklan. Hal ini karena iklan dianggap dapat menjangkau khalayak yang luas. Salah satu media yang sering dimanfaatkan untuk beriklan oleh pemasang iklan adalah radio. Radio merupakan salah satu media yang dimanfaatkan untuk beriklan, di mana memiliki keunggulan dibandingkan media lain. Terdapat beberapa keunggulan beriklan di radio sebagai berikut:
- Biaya iklan murah
Biaya iklan yang murah menjadi salah satu keunggulan utama dari beriklan di radio. Hal ini dikarenakan dalam memproduksi iklan radio tidak sulit dan tidak memakan banyak waktu. Hal yang dibutuhkan hanyalah naskah yang dibacakan oleh penyiar atau pesan iklan yang sudah direkam sebelumnya dan siap untuk disiarkan. Adanya biaya iklan yang murah menjadikan radio sebagai media iklan yang efisien dibandikan dengan media lain.
- Selektivitas
Radio memiliki pendengan yang selektif yang muncul dari berbagai format siaran dan cakupan atau geografis siaran yang dimiliki oleh setiap stasiun radio. Iklan dari yang diiklankan melalui radio memungkinkan pemasang iklan untuk fokus pada pendengar tertentu, contohnya seperti pendengar dari kelompok demografis dan/atau gaya hidup tertentu.
- Fleksibilitas
Dibandikan media lain, radio merupakan media yang paling fleksibel. Hal ini karena pengiklan dapat mengajukan materi iklan atau melakukan perubahan materi iklan dalam waktu singkat, bahkan beberpa menit sebelum iklan ditayangkan. Hal ini memungkinkan pengiklan dapat dengan mudah untuk menyesuaikan pesan iklan sesuai dengan sistuasi pasarnya.
- Mental imagery
Radio memang tidak menghadirkan visual dari sebuah iklan, tetapi pendengar dapat memvisualkan pesan iklan yang didengar diotaknya sendiri. Hal ini lah yang disebut dengan mental imagery. Hal ini juga bisa didukung dengan adanya penayangan iklan di televisi, sehingga membuat pendengar akan mengimajinasikan sebagaimana yang dilihatnya di televisi.
- Promosi terpadu
Bisanya stasiun radio memiliki penggemar dan komunitasnya sendiri dan tak jarang menjadi bagian integral dari sebuah komunitas. Stasiun radio biasanya juga mempunyai penyiar favorit dan dikenal banyak oleh masyarakat. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pemasang iklan untuk mendekatkan diri kepada khalayak dengan menggunakan stasiun radio dan personelnya ini.
Sumber: Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenadamedia: Jakarta
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI