Apa itu Flowchart Penjualan?
Flowchart penjualan menggambarkan langkah-langkah kunci yang terlibat dalam proses bisnis, mulai dari menghasilkan prospek hingga menemukan prospek yang berkualitas. Flowchart penjualan dapat membantu UMKM dalam mengidentifikasi dan meminimalisir masalah dalam proses penjualan, serta meningkatkan efisiensi dan mengurangi pemborosan, seperti yang terdapat dalam contoh flowchart penjualan ini.
Flowchart juga memungkinkan UMKM untuk menentukan kapan saatnya untuk fokus kembali pada area bisnis atau produk yang menjadi kurang penting dari waktu ke waktu. Mengatur dan mengoptimalkan aktivitas penjualan dimulai dengan pembuatan diagram alur proses penjualan.
Mengapa Flowchart Penjualan Penting?
Flowchart penjualan akan menjadi alat yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penjualan jika dibangun dengan tepat. Membuat grafik penjualan memiliki banyak keuntungan, seperti:Â
- meningkatkan kinerja dan produktivitas tim penjualan;
- mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan atau ekspansi;Â
- memahami di mana waktu dihabiskan selama siklus penjualan tertentu;
- menentukan peran pekerjaan yang ideal dalam perusahaan;Â
- merencanakan prakarsa pelatihan untuk tim penjualan; danÂ
- mengidentifikasi peluang penjualan yang mungkin terlewatkan
KesimpulanÂ
Flowchart penjualan dapat membantu UMKM untuk mengidentifikasi proses penjualan secara lebih efisien dan membuat pengalaman pelanggan lebih baik. Flowchart juga dapat membantu dalam meningkatkan kecepatan pelayanan, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Maka dari itu sangat penting untuk merealisasikan arus laporan Flowchart Penjualan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) agar dapat memaksimalkan efisiensi dan efektivitas penjualan.
Lisa Huberta Mbuilima, Maylaffayza Tafana Putri, Miftahul Naim Alam Syahuda, Rina Fitri Audia, Yuyun Yunia Ningsih