Pada bulan Agustus 2022, Kampus Merdeka batch 3 telah kembali dibuka, yang mana merupakan salah satu program dari KEMENDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Dengan bertujuan program tersebut melatih kemampuan dan menguasai keilmuan yang bermanfaat untuk memasuki dunia kerja dan usaha. Sebelum mengikuti kegitan Studi Independen, setiap mahasiswa melakukan pendaftaran dan proses seleksi dengan sesuai dengan kebijakan yang ada.
Saya mendaftarkan diri dan dinyatakan lolos pada program Kampus merdeka MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) batch 3 dengan program pilihan Akademi Digital Marketing di NF Computer.
NF COMPUTER merupakan sebuah lembaga di bidang pendidikan dan pelatihan IT (Information Technology). lembaga ini berfokus pada dalam mengembangkan kemampuan serta keahlian SDM di bidang IT. Dengan visi "Menjadi institusi pelatihan yang kompeten dan profesional di bidang pendidikan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai wilayah indonesia." berkomitmen mempersiapkan tim pengajar yang professional dan berpengalaman di bidang IT.

Pada kegiatan Studi Independen Bersertifikat di NF Computer dilaksanakan secara daring, dengan meliputi pembelajaran bersama pengajar dan mentor, pembelajaran mandiri melalui Platfrom LMS (Learning Management System) dan Membuat Proyek Akhir bersama Tim. Dengan fokus materi yang didapatkan dalam pembelajaran yaitu: Tentang Pengantar Digital Marketing, Soft Skill, Riset Pasar Menggunakan Teknologi Digital, Perilaku Konsumen di Era Digital, Kewirausahaan dan Rencana Bisnis, Pengembangan Produk Digital Marketing, Public Relation, Graphic Design, Email Marketing, Sosial Media Marketing, Web Design, Content Marketing, SEO dan SEM, E-Commerce, CRM ( Customer Relationship Management), dan Proyek Akhir.
Banyak hal yang dipelajari di dalamnya selain hard skill mendapatkan juga Softskil mempelajari Communication Skills, Time Management, Teamwork, Creative Thinking dan Problem Solving.
Salah satu Kegiatan yang paling penting adalah Proyek Akhir. Pada pengerjaannya mahasiswa bersama kelompoknya membuat brands dan pemasaran produk melalui digital. saya dan kelompok pada proyek akhir memasarkan produk Merchandise KPop secara digital. Tugas saya bertanggung jawab pembuatan website dan SEO (Search Engine Optimization). Dalam pengerjaannya, website dengan optimalisasi SEO telah dikunjungi sebanyak 193 view dalam 5 hari.

Pada Proyek Akhir para mahasiswa menampilkan presentasi hasil proyek mereka kepada penguji dan mentor.


Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI