Surabaya, 25 Juni 2022 -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa/i di Perguruan Tinggi ketika mendekati semester akhir. Sama halnya dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan KKN bagi mahasiswa/i nya. Pelaksanaan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya merupakan perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara penuh yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Namun, sangat disayangkan bahwa kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya di situasi pandemi ini menjadikan skema KKN dirubah dari tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilakukan secara berkelompok di tempat yang telah ditentukan, kini berubah secara individu di domisili masing-masing mahasiswa/i, karena harus tetap waspada dengan masih adanya pandemi Covid-19 ini.
Meski pandemi Covid-19 sedang melanda, tidak menyurutkan semangat Miftachul Salis sebagai mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk melaksanakan kegiatan KKN yang didampingi oleh ibu Dra. Noorshanti Sumarah, M.I.Kom selaku dosen pembimbing lapangan. Melalui kegiatan KKN ini, ia memilih topik digitalisasi pemasaran UMKM dengan berdasarkan hasil survei lokasi pelaksanaan kegiatan KKN di Kebraon, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya. Permasalahan yang ada pada UMKM adalah pemasaran yang masih konvensional dan kurangnya kesadaran akan adanya branding. Untuk itu, program kerja KKN yang ia lakukan yaitu membantu memasarkan produk UMKM dengan menggunakan media digital, edukasi SEO (Search Engine Optimization) Lokal, dan tak lupa membangun produk UMKM dengan dilakukannya branding. Sasaran yang dituju sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini yaitu, mitra UMKM sinom, temulawak, dan beras kencur di Griya Kebraon Barat RT 02 RW 09; UMKM sari kedelai di Kebraon Mitra Satwa II RT 09 RW 03; dan UMKM jus buah di Griya Kebraon Selatan RT 03 RW 12 Kelurahan Kebraon, Kecamatan Karangpilang, Kota Surabaya.
Kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini, dinilai sangat membantu sasaran utamanya yaitu mitra UMKM minuman sehat. Pemilik UMKM minuman sehat juga berterima kasih atas bantuan dan pengetahuan tentang pemasaran digital yang dapat meningkatkan penjualan dan efisiensi waktu di era digital yang canggih dan modern ini.
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten