Diskursus Cost-Volume-Profi Analysis pada My salad by Chelle
Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) merupakan alat yang berguna dalam merencanakan keuangan dan pengambilan keputusan untuk bisnis, termasuk bisnis My salad by chelle. Pada hasil perhitungan CVP akan membantu pengambilan keputusan yang tepat dan akurat dalam memberikan pengaruh yang cukup besar dalam operasional dan perkembangan bisnis. Analisis CVP mendeskripsikan hubungan antara unit yang dijual, biaya, harga jual, dan profit, yang dapat menjelaskan beberapa isu penting dalam pengambilan keputusan manajemen seperti dampak pengurangan biaya tetap total terhadap profit, dampak kebijakan kenaikan harga jual produk terhadap profit, dan lain-lain.
Dan yang akan di analisis adalah Usaha salad buah yaitu My salad by chelle adalah usaha rumahan yang memproduksi salad buah yang di jamin kehigenisannya serta buah-buahan yang di olah di dapat dari supplier terpecaya. My Salad by chelle adalah salah satu brand salad buah dengan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas tinggi berbasis online yang tersedia di e-commerec dan platform pesan antar makanan online dan akan melakukan penjualan offline disekitar tempat usaha dan event.Terdapat beberapa tujuan dari melakukan analisi CVP ini, antara lain : Penyesuaian harga juga telah dipertimbangkan dengan biaya tetap, biaya variabel, dan volume penjualan yang diharapkan agar dapat mencapai target laba yang optimal dan sebagai acuan evaluasi kinerja perusahaan dengan membandingkan hasil aktual dengan proyeksi analisis CVP untuk menemukan area yang perlu diimprovisasi atau ditingkatkan.
Analisis Cost-Volume-Profit (CVP)
Harga jual per unit Salad Buah: Rp 35,000
Biaya variabel per Unit: Rp 20,000
Biaya tetap bulanan: Rp 2,000,000
Volume penjualan bulanan: Â 200 Pcs
Margin Kontribusi (Contribution Margin)
Margin Kontribusi = Harga jual per pcs - Biaya variabel per pcs
Margin Kontribusi = Rp 35,000 - Rp 20,000 = Rp 15,000