Mohon tunggu...
Ahmad Zainuri
Ahmad Zainuri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi : Sepak bola Topik konten : Pendidikan Kepribadian : Baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan Topik 5

8 Maret 2024   20:20 Diperbarui: 8 Maret 2024   20:23 1040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.   Mulai Dari Diri Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya mempertimbangkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai dukungan dalam ZPD. Topik yang dipelajari mulai dari diri merupakan pengantar bagi kami untuk memahami secara singkat tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai "scaffolding" pada ZPD, serta faktor-faktor yang memengaruhi pendidikan di Indonesia. 

Awalnya, kami diminta untuk menonton sebuah video yang menggambarkan pengalaman seorang guru atau relawan pendidikan saat mengajar di daerah terpencil. Di sekolah tersebut, masih terdapat kekurangan tenaga pendidik, akses jalan yang sulit, serta kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. 

Keterbatasan guru menjadi tantangan dalam membagi waktu untuk pembelajaran, sehingga diperlukan metode kelas rangkap. Selain itu, guru perlu memiliki metode dan strategi yang efektif untuk mengatasi kendala tersebut agar pembelajaran dapat berjalan optimal.

2.   Eksplorasi Konsep Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?


Dalam penjelajahan konsep yang saya pelajari, fokus pada pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai "scaffolding" pada ZPD. "Scaffolding" adalah bentuk interaksi yang memberikan bantuan kepada peserta didik untuk mencapai pemahaman atau pengetahuan secara mandiri. 

ZPD mengacu pada perbedaan antara tingkat perkembangan aktual, yang merupakan kemampuan pemecahan masalah secara mandiri, dan tingkat perkembangan potensial, yang merujuk pada kemampuan pemecahan masalah dengan bimbingan atau kolaborasi dengan individu yang lebih kompeten. Dengan demikian, ZPD melibatkan pembelajaran yang memerlukan bantuan dari seseorang yang memiliki kemampuan lebih tinggi dalam menyelesaikan suatu masalah.

3.   Ruang Kolaborasi Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?


Dalam ruang kolaborasi, saya mendalami konsep pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai "scaffolding" pada ZPD. Dengan mempertimbangkan berbagai pandangan dari rekan-rekan, kami menggabungkan ide-ide tersebut untuk mencapai kesimpulan yang komprehensif tentang materi ZPD. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun