Mohon tunggu...
mia ajunda
mia ajunda Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa dengan segudang keraguan

mahasiswa semester akhir yang sedang begelud dengan waktu, penelitian dan skripsi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemahaman dan Pendampingan Mengenai Ilmu Branding Guna Meningkatkan Penjualan UMKM di Desa Majakerta

14 Februari 2024   18:55 Diperbarui: 14 Februari 2024   19:09 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemalang (9/02/2024)    Sebagai upaya mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 dari Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul berupaya untuk meningkatkan pemahaman mengenai ilmu branding guna meningkatkan penjualan UMKM di Desa Majakerta . Peningkatan branding dapat meningkatkan penjualan UMKM karena maka dari itu pelatihan serta pendampingan mengenai ilmu branding sangatlah penting. Branding yang baik akan membangun reputasi terhadap umkm tersebut yang mana dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terharap pelaku usaha yang ada.

Gambar 1. Penyuluhan ilmu branding
Gambar 1. Penyuluhan ilmu branding

Pada hari Rabu, 31 Januari 2024 di Desa Majakerta telah terlaksana pengedukasian mengenai ilmu branding guna meningkatkan penjualan UMKM di Desa Majakerta. Penyuluhan tersebut secara langsung dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya penggunaan banner, stike label produk dengan harapan meningkatan dan memperluas dari produk tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara door to door dengan harapan memberikan kedekatan dan pemahaman secara baik. Dimana respon mereka sangatlah antusias terhadap adanya penyuluhan dan pengedukasian ini.

mono-apid-3-65cca9cfde948f057d141484.png
mono-apid-3-65cca9cfde948f057d141484.png

Gambar 2. Banner dan stiker produk UMKM Bu Riah
Gambar 2. Banner dan stiker produk UMKM Bu Riah

Banner yang berisi logo, foto produk dan juga tag line sebagai branding yang kuat agar minat pembeli semakin tinggi. Selanjutnya, adanya stiker juga memperkuat branding pada kemasan yang mana akan memberikan interest terhadap produk yang mana diharapkan akan meningkatkan penjualan. Tujuannya pembagian adalah memberikan panduan serta keberlanjutan dari penggunaan banner dan stiker logo yang diharapkan diterapkan untuk produk-produk pada UMKM tersebut.

Upaya pengedukasian tersebut untuk meningkatkan pemahaman branding untuk produk-produk UMKM. Keadaan dimana banyak sekali UMKM yang banyak menyampingkan ilmu branding yang tidak diterapkan. Majukan UMKM dengan meningkatkan branding!

Penulis : Muhammad Hafizd Fatahillah (Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro)

Lokasi KKN : Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul, Pemalang

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun