Mohon tunggu...
Mia Agusetiani
Mia Agusetiani Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa Universitas Pamulang

Halo !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Manajemen di Perusahaan Ekspedisi

6 Juni 2024   22:50 Diperbarui: 6 Juni 2024   23:13 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengendalian sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan karena ini memiliki peranan yang cukup besar dalam perkembangan perusahaan. Setiap perusahaan pastinya memiliki standar pengendaliannya masing- masing. Semakin baik sistem pengendalian tersebut, maka akan sangat berpengaruh pada perusahaan. Suatu perusahaan akan rentan mengalami kemunduran jika tidak memiliki sistem pengendalian manajemen. Sebaliknya, perusahaan memiliki potensi untuk berkembang jika terdapat sistem pengendalian yang baik. Namun, sebagian perusahaan juga ada yang tidak terlalu memikirkan sistem pengendalian manajemen ini.

Sistem pengendalian manajemen penting untuk diterapkan oleh setiap perusahaan dengan segala jenis bisnis sistem pengendalian manajemen membantu manajemen dalam mewujudkan visi, misi, strategi, dan tujuan perusahaan selain itu, sistem pengendalian manajemen menjadi alat manajemen untuk dapat memberikan pengaruh kepada karyawan agar bertindak positif guna pencapai tujuan perusahaan.

Perusahaan jasa ekspedisi dan bisnis online bagaikan dua sisi mata uang alias satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Peningkatan belanja online secara otomatis akan mendongkrak omzet jasa pengiriman barang. Maraknya beberapa situs belanja online (online shop) memicu pertumbuhan bagi perusahaan jasa pengiriman. Banyaknya perusahan jasa ekspedisi saat ini membuat persaingan antar perusahaan jasa ekspedisi semakin ketat. Kualitas pelayanan yang baik akan menjadi keunggulan kompetitif pada perusahaan jasa khususnya jasa ekspedisi. Ketepatan dan kecepatan waktu kirim menjadi tolak ukur kualitas pelayanan bagi perusahaan jasa ekspedisi. Aktivitas pengiriman barang menjadi inti dari industri jasa ekspedisi, oleh sebab itu perlu adanya sistem pengendalian internal yang baik agar aktivitas pengiriman barang berjalan dengan baik dan efektif.

Namun tentunya setiap perusahaan memiliki sistem operasional yang berbeda-beda. Namun semakin baik sistem manajemen perusahaan maka semakin cepat perusahaan tersebut berkembang, dan sebaliknya jika sistem manajemen perusahaan tidak baik maka perusahaan tidak dapat berkembang dan tidak dapat bersaing dengan perusahaan lain.

PT. XXX sudah menerapkan sistem Trace and Tracking sehingga setiap kiriman dapat di cek status kirimannya dan posisi barang kiriman saat ini. Metode ini sudah diterapkan sejak lama dan cukup membantu bagi customer untuk mengetahui status pengirimannya dan menambah tingkat kepercayaan konsumen kepada perusahaan. Namun, hal ini dirasa masih belum cukup karena panjangnya alur pengiriman barang dan beragam jenis barang yang masuk dengan jumlah yang banyak serta dengan keterbatasan sumber daya manusia (human error) dan waktu sehingga terkadang hal ini menjadi kendala yang berdampak pada proses pengiriman yang terlambat atau tidak sampainya barang ke tujuan atau hilangnya barang kiriman.

Perusahan jasa ekspedisi yang menjadi objek penelitian ini adalah PT. XXX, alasannya karena saat ini PT. XXX merupakan perusahaan jasa ekspedisi yang cukup besar di Indoneia dengan jumlah kiriman yang banyak setiap harinya. Oleh sebab itu dengan adanya sistem pengendalian internal yang baik maka aktivitas operasional perusahaan akan berjalan efektif dan dapat meminimalisir resiko terjadinya fraud.

Di era bisnis berbasis digital sekarang ini, sebaiknya perusahaan dan industri dituntut untuk memiliki sistem kerja yang cepat dengan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan kinerja perusahaan. Sehinga perusahaan dan industar tidak tertinggal dengan perkembangan dunia yang semakin modern. Begitu pula dalam pembuatan laporan, dibutuhkan pendapat dari luar berupa kritik dan saran yang membangun untuk membantu perkembangan dan perbaikan laporan penulis dan juga pembaca lain. Kualitas pelayanan yang baik akan menjadi keunggulan kompetitif pada perusahaan jasa khususnya jasa ekspedisi. Ketepatan dan kecepatan waktu kirim menjadi tolak ukur kualitas pelayanan bagi perusahaan jasa ekspedisi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun