Mohon tunggu...
Mia Hs
Mia Hs Mohon Tunggu... wiraswasta -

Born this way

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Narsis dengan 'Prangko' Prisma

27 Maret 2012   13:34 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:24 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah tahu tentang produk Pos Indonesia yang satu ini? Kalau belum yuk kita kenalan.

"Personalised Stamp" diperkenalkan pertama kali oleh Australia Post pada kesempatan "Australia 99" merupakan pameran filateli sedunia yang diadakan di Melbourne, Australia pada tanggal 19 - 24 Maret 1999. Indonesia sendiri merupakan negara kedua yang memperkenalkan "Personalised Stamp"-nya. Dimulai pada 9 Oktober 1999, Pos Indonesia mengeluarkan produk layanan yang merupakan perpaduan antara pengetahuan tradisional dan teknologi digital.

Apa Itu PRISMA?

Menurut  Keputusan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Nomor: 81/dirjen/2000 Tentang Ketentuan Penerbitan Prangko dan Benda Filateli, yang dimaksud dengan prangko PRISMA adalah : prangko yang diterbitkan dalam komposisi bergandengan dengan tab (lebel) yang diberi gambar identitas berbeda dengan prangkonya dan dipisahkan dengan perforasi.

Dengan bahasa yang lebih sederhana, bisa dikatakan PRISMA adalah PRangko IdentitaS Milik Anda  yaitu Prangko yang menampilkan foto wajah atau identitas lain (tanda-tangan, logo, slogan, merk, dll) sesuai permintaan pada tab (label) prangko, inilah "personalized stamp" Indonesia.

PRISMA sendiri merupakan Prangko asli dan resmi, mereka memenuhi semua aspek yang dibutuhkan oleh sebuah prangko : mencantumkan nilai nominal, nama negara yang mengeluarkan, tahun penerbitan, dicetak dengan proses keamanan diatas kertas berpengaman. Oleh karena itu PRISMA berfungsi sebagai layaknya prangko asli yang dapat digunakan untuk pengiriman surat, kartu pos, atau kiriman pos lainnya tentunya dengan desain yang unik, berbeda dan menjadi sangat pribadi.

[caption id="attachment_171269" align="aligncenter" width="600" caption="PRISMA sebagai Identitas Usaha"]

1332854321605715634
1332854321605715634
[/caption]

Karena desain yang dapat disesuaikan dengan permintaan inilah  selain dapat dimanfaatkan untuk eksis sebagai pribadi, PRISMAbanyak juga digunakan untuk keperluan promosi produk atau perusahaan.

Bahkan kini PRISMA banyak digunakan untuk keperluan pencitraan dan kampanye. Dengan memakai PRISMA, surat atau kiriman pos menjadi beridentitas karena prangkonya sendiri telah mewakili pengirim surat.

Apa Saja Yang Bisa di Cetak di PRISMA ?

[caption id="attachment_171270" align="alignleft" width="300" caption="PRISMA sebagai Alat Kampanye"]

13328544001347201473
13328544001347201473
[/caption] Identitas atau gambar apapun dapat dicetak di PRISMA selama informasi/gambar tersebut merupakan milik pribadi. Tapi bukan berarti Pos Indonesia akan mentolerir gambar/tulisan yang berbentuk provokasi atau diluar norma yang berlaku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun