Mohon tunggu...
Muhammad Zulham
Muhammad Zulham Mohon Tunggu... karyawan swasta -

An English teacher. Linux user of openSuse and Ubuntu. Chief editor of @pkreatif and @ourbecc. Visit my blog PengusahaKreatif.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengaruh Merk yang Kuat Terhadap Bisnis Anda

4 Mei 2012   01:58 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:45 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada beberapa postingan sebelumnya, saya pernah menulis tentang cara-cara membangun merk yang bernilai tinggi serta rahasia untuk membesarkan merk tersebut. Nah sekarang, apa sebenarnya pengaruh merk yang kuat itu terhadap bisnis anda sendiri?

Pengaruhnya sudah jelas, dapat mempercepat pertumbuhan usaha serta memperoleh kesuksesan. Sejatinya proses membangun merk bukan hanya dimaksudkan untuk usaha yang sudah besar atau mapan saja, namun proses ini juga tidak kalah penting bagi para pemilik usaha kecil yang sedang berusaha membangun bisnis mereka.

Maka, sudah sewajarnyalah jika para pelaku usaha kecil menginvestasikan sumber daya mereka untuk membangun merk yang bernilai tinggi. Karena bagaimanapun juga, merk anda merupakan ciri unik bisnis anda.

Lalu, apa pengaruhnya mempunyai merk yang kuat bagi bisnis? Mengapa merk merupakan hal yang begitu penting untuk dimiliki? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Membuat bisnis menjadi unik dan lebih cepat dikenal

Bagi sebuah bisnis kecil yang mungkin tidak mempunyai anggaran pemasaran yang cukup besar, memiliki merk yang kuat mampu membuat bisnis tersebut menjadi terlihat unik dan menonjol dibandingkan dengan bisnis sejenis yang ada dipasaran.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh keripik singkong pedas Maicih dari kota Bandung. Saat awal membangun usaha, sudah tentu Maicih tidak mempunyai anggaran promosi yang besar untuk memperkenalkan keripiknya ke calon pelanggan. Namun, dengan cerdik Maicih menggunakan social media Twitter untuk melakukan kegiatan promosinya.

Karena promosinya yang terbilang unik dan ditambah dengan produk yang juga terbilang unik, dalam waktu satu tahun Maicih sukses membangun merknya sebagai produsen keripik pedas yang digandrungi anak muda seantero Bandung.

Intinya, merk yang kuat akan membuat nilai yang anda tawarkan menjadi terlihat lebih jelas dan berbeda dari pesaing anda.

2. Membangun kepercayaan pelanggan

Pernahkah anda berpikir mengapa kira-kira pelanggan anda mau membeli produk atau jasa yang anda tawarkan? Apa karena kualitas produk anda yang tinggi? Atau karena layanan pelanggan anda yang nyaris tanpa cela? Atau karena bisnis anda yang memang unik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun