Mohon tunggu...
Muhammad Zulham
Muhammad Zulham Mohon Tunggu... karyawan swasta -

An English teacher. Linux user of openSuse and Ubuntu. Chief editor of @pkreatif and @ourbecc. Visit my blog PengusahaKreatif.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Inilah Strategi yang Perlu Anda Lakukan Agar Usaha Rumahan Anda Tumbuh Pesat (Bagian Kedua)

11 Maret 2012   23:26 Diperbarui: 25 Juni 2015   08:12 1598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pada postingan sebelumnya, kami sudah memberikan beberapa strategi untuk mengembangkan usaha rumahan yang anda jalani agar dapat tumbuh lebih pesat. Bagaimana? Apakah sudah anda coba untuk diterapkan? Bagaimana hasilnya? Nah, lima strategi berikutnya akan meningkatkan kemampuan anda untuk membawa usaha rumahan anda tumbuh melesat. Simak ya (:

6. Lakukan promosi bersama dengan usaha rumahan lainnya

Maksudnya adalah, anda mencari usaha lain yang mempunyai sasaran pasar yang sama namun dengan produk yang berbeda.

Misalnya saja seperti contoh sebelumnya anda berjualan bantal bayi yang mempunyai desain yang unik serta mempunyai manfaat lain seperti misalnya sebagai terapi pijat kepala bayi. Sekarang, coba anda lakukan kerjasama dengan klinik persalinan atau bidan.

Caranya? Tawarkan potongan harga khusus bagi yang membeli bantal anda melalui bidan tersebut. Jika di pasaran anda menjual dengan harga Rp.100.000 misalnya, juallah dengan potongan harga sebesar 20% untuk pembelian yang dilakukan melalui klinik persalinan milik bidan itu, sehingga para pelanggannya cukup membayar sebesar Rp.80.000.

Begitu juga sebaliknya. Setiap ada wanita hamil yang hendak membeli produk bantal bayi anda, tawarkan fasilitas pembuatan akte lahir gratis bagi yang melakukan proses persalinan di klinik bidan rekanan anda itu.

Itu semua hanya sekadar contoh. Anda bebas menentukan program promosi lain sesuai kebutuhan anda dan rekan usaha anda. Intinya, dengan melakukan program promosi bersama, usaha anda dapat lebih cepat tumbuh dan berkembang.

7. Membidik pasar sasaran yang berbeda

Yang dimaksud dengan strategi ini adalah membidik ceruk pasar yang lebih khusus di dalam sebuah ceruk pasar. Kalau anda membidik ceruk pasar remaja misalnya, cobalah untuk memasarkannya kepada remaja kuliahan. Atau jika anda membidik ceruk pasar wanita, anda bisa memasarkan untuk pasar yang lebih khusus misalnya wanita yang bekerja dengan sistem shift.

Dengan melakukan strategi ini, anda akan mempunyai potensi pasar sasaran yang semakin banyak dari pasar yang telah anda garap selama ini. Keuntungan lainnya adalah, siapa tahu usaha rumahan anda merupakan yang pertama memasuki ceruk pasar khusus yang selama ini mungkin terlewatkan oleh pesaing anda. Oleh karenanya, gunakan kreativitas anda untuk membuka semua peluang yang ada.

8. Pasarkan produk anda dengan cara yang berbeda dan kreatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun